Setya Novanto Jalani Sidang Perdana Rabu Pekan Depan


JAKARTA () – Sidang perdana kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el) dengan terdakwa Ketua DPR Setya Novanto akan digelar Rabu pekan depan.

Kepastian itu didapat setelah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menentukan majelis hakim dan perangkat persidangan.
“Sidang perdana akan digelar Rabu depan, 13 Desember 2017,” kata Humas Pengadilan Tipikor, Ibnu Basuki, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, ketua majelis hakim yang akan memimpin jalannya sidang tersebut adalah hakim Yanto dengan hakim anggota Franki Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, dan Ansyori Syaifudin.

Komposisi majelis hakim ini sebenarnya hampir sama dengan susunan majelis hakim yang mengadili perkara korupsi KTP-el sebelum-sebelumnya.

Bedanya, hanya pada ketua majelis hakim dimana dalam sidang dengan terdakwa Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus alias Andi Narogong, ketua majelis hakimnya adalah John Halasan Butarbutar. Ia telah dimutasi ke Pengadilan Tinggi Pontianak.

Ibnu menerangkan, pemilihan ketua majelis hakim adalah hak prerogatif ketua pengadilan. “Beliau yang mempertimbangkan,” tuturnya.

Berkas perkara Novanto terkait perkara korupsi KTP-el secara resmi dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, Rabu (6/12/2017). Seiring dengan itu, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pun masih melanjutkan sidang praperadilan Novanto dengan agenda pembacaan permohonan materi dari pihak Novanto, Kamis (7/12/2017) pagi.

Hakim tunggal Kusno memutuskan agenda sidang dilangsungkan setiap hari kerja pada Jumat dengan agenda pemberian jawaban dari KPK selaku pihak termohon, kemudian Senin, Selasa, dan Rabu pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi dan diakhiri Kamis pekan depan dengan agenda pembacan putusan. (julian/yp)

Share.

Leave A Reply