Depresi Pasca Melahirkan Mengintai Para Ibu



Jakarta: Depresi pasca persalinan (postpartum depression) menjadi salah satu perjuangan yang harus dilewati oleh para wanita yang baru saja melahirkan. Para selebriti mulai dari Chrissy Teigen sampai Adele pun pernah mengalaminya.

Berdasarkan penelitian di Inggris, stres dan kecemasan berlebihan dialami sebagian besar ibu baru di Inggris. BBC  melaporkan, sepertiga dari 1.800 orang pasangan yang baru memiliki anak di Inggris mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan para ayah yang hanya mencapai 17 persen.

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan, 1 dari 9 wanita di Amerika Serikat mengalami depresi pasca melahirkan. Meskipun para ahli menduga jumlah tersebut masih bisa berubah.

Menurut survey dari YouGov, sebanyak 60 persen wanita yang mengalami masalah kesehatan mental pasca melahirkan cenderung mencari teman-temannya untuk mendapatkan dukungan emosional, sebanyak 56 persen mencari pasangan untuk membantu mereka, dan sebanyak 18 persen mencari bantuan secara online.

Masalah kesehatan mental bukanlah sesuatu yang baru. Studi-studi tersebut menjelaskan seberapa jauh kita harus mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua sekaligus memberikan dukungan bagi para ibu untuk melewati masa-masa sulit.

(DEV)

Share.

Leave A Reply