Cerita Arie K Untung Dalami Agama


, JAKARTA -- Selebritas Tanah Air, Arie K Untung kini lebih banyak memberikan waktunya untuk memperdalam agama Islam. Hal tersebut mulai diketahui publik ketika Arie mengunggah foto bersama Ustaz Bachtiar Nasir di akun Instagramnya pada Agustus lalu.

Dari unggahan foto-fotonya tersebut Arie mulai menyisipkan dalil dan kajian Islam. Tentu hal ini disambut baik oleh warganet. Mereka kerap mendoakan yang terbaik bagi ayah tiga anak ini dalam setiap komentar unggahannya tersebut.

Meski mantan VJ MTV ini tidak mengubah penampilannya namun dia mengakui kini dia lebih mendalami agama dan memperbaiki ibadahnya. "Lagi belajar saja, sudah telat juga kan, sudah tua," kata Arie di sela-sela premier film Ayat-Ayat Cinta 2 di XXI Plaza Indonesia, Jakarta pada Rabu (6/12).

Pria berusia 41 tahun ini menuturkan bahwa dia mendalami agama melalui kajian-kajian dari beberapa sumber. "Dari mana saja juga bisa belajar, kajian iya sama temen-temen, dari media sosial juga bisa, Youtube juga bisa," katanya.

Produser film Alif Lam Mim ini juga menuturkan dia ingin membawa keluarganya dalam kebaikan. "Istri dan anak-anak juga belajar dalam kebaikan," ucapnya.

Diakui Arie, istiqamah dalam belajar Islam menjadi hal yang harus dipertahankan. Bagaimana seorang Muslim tetap berada di jalurnya. Bagi Arie, hidayah dalam berhijrah muncul dari Allah. Untuk itu Arie meminta dalam setiap doanya agar tetap menjaga keistiqamahannya. "Saya minta pada Allah untuk menguatkan agar tetap istiqamah," lanjutnya.

Dari perannya dalam Ayat-Ayat Cinta 2, Arie mendapatkan pengalaman baru mengenai agama Islam. Perannya sebagai Misbah, teman lama Fahri (Fedi Nuril) selama di Mesir. Arie memerankan seorang anak pesantren yang akan melanjutkan studinya membuat Arie harus belajar bahasa Mesir.

"Karena saya masuk ke film ini paling terakhir, jadi ada banyak sekali yang harus dikejar termasuk ketika harus berbahasa Arab Mesir," kata Arie.

Tawaran dadakan sebagai Misbah yang awalnya tak diterimanya karena merasa kurang percaya diri. Namun ada hal menarik yang membuat Arie mengiyakan tawaran tersebut meskipun syuting sudah berjalan dan dia harus mengejar ketertinggalannya.

"Ada adegan Misbah yang menyebutkan 'jangan menipu Allah' saya merinding dan tertarik dengan tawaran itu," kata Arie.

Sosok Misbah pada awalnya digambarkan memiliki karakter yang tenang. Namun karena pembawaan Arie yang ceriwis, karakter Misbah menjadi sosok yang lucu. "Ya karena pendalamannya yang sebentar, jadi masih kebawa komedi di sana," lanjutnya.

Arie mengakui dia belajar banyak baik sosok Misbah maupun Ayat-Ayat Cinta 2 secara keseluruhan. "Film ini mengajarkan kita, meskipun cross culture (antar budaya) namun tetap sabar," ucapnya.

Dia menuturkan bagaimana film ini mengajarkan penonton untuk berbuat baik tanpa unsur kekerasan. "Ini cara penyampaian yang baik untuk masyarakat," katanya.

Arie mengakui karakter Fahri yang sempurna memang menjadi salah satu karakter yang dia sukai. "Bagaimana dia mencintai istrinya, berbuat baik ke semua orang. Saya juga gitu, mencintai istri saya juga," kata Arie sambil tertawa.

Namun menurutnya hal tersebut menjadi tantangannya tersendiri dalam berperan sebagai seorang Muslim yang taat. Bahkan Arie menuturkan perannya sebagai Misbah merupakan kebetulan yang baik baginya.

"Ketiga anak saya diberi nama awalan dengan kata Misba, lucu saja ketika saya harus memerankan seseorang dengan nama Misbah," kata Arie.

Arie yang sedang membuat beberapa proyek pekerjaannya ini mengharapkan bahwa kebaikan dengan sesama terus tumbuh di antara masyarakat. Baik dalam keseharian maupun dalam pekerjaan yang dia ambil termasuk film Ayat-Ayat Cinta 2 ini.

Melanjutkan sekuel pertamanya yang hadir pada 2008, Ayat-Ayat Cinta 2 memiliki kisah yang berbeda dari pendahulunya. Sosok Misbah termasuk menjadi karakter baru dalam film ini.

Film yang akan tayang pada 21 Desember mendatang ini bercerita mengenai Fahri (Fedi Nuril) yang tinggal sendiri setelah Aisha hilang ketika menjadi relawan di Palestina. Misbah (Arie K Untung) mengunjungi Fahri untuk menumpang tinggal selama mengurus studinya. Sosok baru Hulya (Tatjana Saphira) sebagai sepupu Aisha hadir ketika Fahri dihadapkan dalam cinta baru saat menanti kepastian keselamatan istrinya.

Share.

Leave A Reply