Wabah Difteri Merebak, Kemenkes Lakukan Outbreak Response Imunization


Wabah Difteri Merebak, Kemenkes Lakukan Outbreak Response Imunization - Gaya Hidup

Ilustrasi vaksin anak (Depositphotos)

 - Wabah difteri kembali merebak di Indonesia. Menurut rilis yang diterbitkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sampai dengan November 2017 ada 95 kabupaten dan kota dari 20 provinsi melaporkan adanya kasus difteri.

Karena itu pemerintah akan melaksanakan ORI (Outbreak Response Immunization) sebagai respon cepat terhadap berkembangnya kasus difteri di Indonesia.

Pelaksanaan ORI ini akan dimulai pada Senin (11/12) di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Saya mengumpulkan tiga provinsi, Banten, DKI Jakarta, dan Jabar untuk melakukan respon cepat terhadap kejadian kasus difteri di Indonesia. Pada saat ini sudah ada 20 provinsi yang melaporkan kasus. Dari 20 provinsi itu bukan satu provinsi semuanya terkena difteri, tapi ada beberapa kabupaten/kota yang melaporkan KLB dan di sebagian Kabupaten/kota tersebut KLB sudah tertangani dengan baik," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Mohamad Subuh, seperti dalam rilis yang diterima .com, Kamis (7/12).

ORI akan dilakukan dalam tiga putaran, putaran pertama akan dilaksanakan 11 Desember 2017, dilanjukan 1 Januari dan 11 Juli 2018.

Dilakukannya ORI ini terkait wabah difteri yang sudah ditetapkan menjadi kasus kejadian luar biasa. Kasus terparah terjadi di wilayah Jawa Timur, kemudian juga di Jabodetabek, dan di Tangerang Banten.

(nda / wida)

Share.

Leave A Reply