Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia


Sebagai negara berkembang dengan tingkat konsumsi yang tinggi, wajar saja jika Indonesia memiliki banyak mal-mal besar dan megah yang tersebar di seluruh kota.

Tak hanya di kota-kota besar, di kota menengah pun sekarang sudah banyak didirikan mal untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Namun yang akan dibahas kali ini adalah mal terbesar dan termegah di Indonesia.

Kebanyakan mal-mal megah yang ada di Indonesia berada di kota-kota besar, terutama Jakarta sebagai ibu kota. Berikut daftar 5 mal terbesar yang paling megah di Indonesia menurut BiarTau.

1. Plaza Indonesia – Jakarta

Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia - Edukasi

Plaza Indonesia merupakan mal paling megah yang terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Bundaran Hotel Indonesia. Mal tertua yang didirikan pada tahun 1990 ini memiliki 6 lantai dan 3 ruang bawah tanah.

Dengan luas 38.000 meter persegi, Plaza Indonesia dibekali dengan berbagai macam tempat hiburan dan di sini juga banyak brand-brand ternama yang jarang ditemukan di mal-mal lain. Seperti Bottega Veneta, Zara Home, Rolex dan masih banyak lagi. Jika baru pertama kali ke sini, mungkin pengunjung bisa dibuat kebingungan dengan luasnya.

2. Taman Anggrek – Jakarta

Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia - Edukasi

Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat juga bisa disebut mal paling besar dan paling megah di Indonesia. Ketika dibuka pada tahun 1996, mal ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Pusat perbelanjaan ini didirikan oleh oleh konglomerat asal Kebumen bernama Salimin Sumarto. Dengan luas 360.000 meter persegi, di mal ini terdapat wahana permainan seluncuran es dan masih banyak lagi tempat hiburan lainnya.

Di mal ini juga banyak toko-toko dari brand ternama seperti Starbucks, Uniqlo, Elle, Paris Jewelry dan masih banyak lagi fasilitas mewah di mal ini.

3. Trans Studio Mall (TSM) – Bandung

Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia - Edukasi


Sebagai kota besar di Jawa Barat, tentu Bandung juga memiliki banyak mal. Salah satu mal paling mewah di Kota Kembang ini adalah Trans Studio Mall atau sering disingkat TSM yang terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Baca juga: Deretan Artis Indonesia Yang Tak Lulus SMA Tapi Tetap Sukses

TSM adalah surganya hiburan karena di sini ada wahana permaianan Trans Studio Bandung. Lokasinya juga berdekatan dengan Trans Luxury Hotel. TSM juga merupakan rumah bagi brand-brand ternama dunia. Jadi wajar saja jika barang-barang di mal ini agak sedikit mahal.

4. Ciputra World Surabaya – Surabaya

Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia - Edukasi

Ciputra World Surabaya bisa disebut lebih megah dibandingkan dengan Ciputra World di Jakarta. Bangunannya yang futuristik terlihat sangat menakjubkan jika dilihat dari luar. Wajar saja begitu karena yang merancang mal ini adalah DP Architect, konsultan properti dunia yang membuat mal terbesar di dunia, Dubai Mall.

Tak hanya bagian eksteriornya saja yang menakjubkan, bagian interior mal ini juga akan membuat para pengunjung betah. Pengunjung akan dimanjakan dengan hiasan-hiasan unik seperti gelombang kaca di bagian langit-langit gedung mal ini.

Dan tentunya banyak brand ternama yang tersebar di seluruh penjuru mal. Pengunjung bisa mendapatkan barang bermerak yang mereka mau di mal ini.

5. Grand Indonesia Shopping Town – Jakarta

Daftar 5 Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia - Edukasi

Mal punya Indonesia yang tak kalah megah dan mewah dengan mal-mal kelas dunia adalah Grand Indonesia Shopping Town yang terletak Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mal ini dibuka pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Grand Indonesia terdiri dari tiga bagian, yakni East Mall, West Mall, dan sebuah Skybridge yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Yang menarik lagi di mal ini terdapat wahana Magic Fountain Snow, sebuah tempat air mancur menari dan bernyanyi. Soal barang-barang bermerek di sini sudah tidak perlu dibicarakan lagi, semuanya lengkap.

Share.

Leave A Reply