Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Kimchi?



Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Kimchi? - Gaya Hidup

Halaman utama mesin pencarian Google kembali menghadirkan tema yang berbeda. Yup, Google Doodle hari ini memperlihatkan gambar-gambar bumbu masakan, tepatnya berbagai macam bumbum yang digunakan untuk membuat kimchi. Jadi, apa itu kimchi? Buat yang suka banget dengan segala sesuatu yang berbau Korea, pasti sudah paham banget sama makanan yang satu ini.

Kimchi sendiri adalah makanan tradisional Korea yang dibuat dengan campuran beberapa bahan, mulai dari sayuran yang difermentasi hingga berbagai macam bumbu-bumbu pedas. Kalau lagi buka halaman utama Google, coba deh klik gambar kimchi-nya. Maka, Google akan mengantarkanmu pada sejumlah tulisan-tulisan tentang kimchi.

Hmmm, kenapa ya? Ternyata 22 November itu hari yang istimewa untuk makanan dengan rasa asam dan pedas ini. Setiap 22 Desember masyarakat Korea memperingati Kimchi Day’s atau Perayaan Kimchi. Masyarakat Korea percaya jika kimchi yang dibuat pada hari ini akan memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Kimchi dalam bahasa hangul (bahasa resmi Korea Selatan) berasal dari kata Ji atau Jimchae yang artinya adalah sayuran yang direndam dalam air asin. Penyebaran kimchi sendiri dilakukan secara tiga periode dinasti, yakni 57 SM – 668 SM. Pada saat itu catatan sejarah belum secara lengkap menuliskan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat kimchi.

Barulah pada Dinasti Koryo (918-1392) resep kimchi mulai tersebar. Dalam pembuatan kimchi dibutuhkan beberapa bumbu, garam, bawang putih, dan fermentasi ikan. Seiring berjalannya waktu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kimchi memang berkembang, bahkan saat Dinasti Chosun pada tahun 1700. Saat itu kimchi mulai dibuat dengan campuran cabai bubuk, paprika, garam, dan ikan asin.

Nggak hanya enak, ternyata kimchi juga sangat baik untuk kesehatan. Menurut para ahli, kimchi mengandung kadar serat makanan yang cukup tinggi, namun rendah kalori. Secara spesifik, kimchi kaya dengan vitamin A, B1, B2, kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Jadi, kamu sudah tahu kan sekarang apa itu kimchi??

Share.

Leave A Reply