Cuci Tangan Bisa Mencegah Berbagai Macam Penyakit...



Cuci Tangan Bisa Mencegah Berbagai Macam Penyakit... - Gaya Hidup

JAKARTA - Cuci tangan merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan. Terutama, pada saat musim pancaroba seperti yang sedang terjadi di negara kita tercinta ini.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan bahwa cuci tangan memiliki beragam manfaat. Mencuci tangan sebelum makan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

"Manfaat cuci tangan ini sangat preventif dengan cuci tangan pakai sabun. Bisa mengurangi kejadian diare 45%. Hampir 80% penyakit bisa dicegah dengan cuci tangan. Ini sangat penting dan kebiasaan ini bisa dilakukan sejak dini," ujar dr Anung Sugihantono di Jakarta, Kamis (12/10/2017)

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan langkah penting untuk mengurangi beberapa bakteri maupun virus yang dengan mudah terjangkit pada anak-anak. Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan info cuci tangan sangatlah penting
"Para orang tua harus bisa menggalakan pentingnya cuci tangan menggunakan sabun adalah cara efektif untuk mencegah penyakit yang sering terjadi pada anak .karena beberapa penyakit yanh sering terjadi seperti diare dan pneumonia merupakan penyebab kematian tertinggi kepada anak," papar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Titi Kamal dan Christian Sugiono yang turut hadir mengaku selalu memberikan arahan untuk mencuci tangan pada putra sulung mereka, Juna. Sebab, Titi dan Christian memang sangat peduli dengan kesehatan tubuh agar sang anak tidak gampang sakit.

"Penting menjaga kesegatan walaupun Juna anak saya itu sering main tapi tidak saya batasi. Saya sangat memberikan kebebsan. Tapi agar dia tidak sakit dan terkena kuman, saya selalu menanamkan pada Juna untuk mencuci tangan sebelum makan pagi maupun siang atau saat mandi," tutur Titi.

Sementara itu, Lifebuoy sebagai brand sabun kesehatan turut merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia. Sepanjang tahun 2017, Lifebuoy pun menjangkau hingga 1,5 juta anak usia sekolah dasar dan 150.000 ibu di seluruh Indonesia dalam rangka menuju 100 juta tangan sehat di Indonesia.

(alv)

Share.

Leave A Reply