PDB Thailand melonjak


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Institute of Chartered Accountants in England and Wales pada Kamis (12/10) merilis laporan Economic Insight. Berdasarkan laporan ini, prediksi pertumbuhan PDB Thailand pada 2017 mendekati 3,5%.

Ini sedikit lebih tinggi dari prediksi sebelumnya. Proyeksi tersebut berdasarkan pertumbuhan PDB pada kuartal II 2017 berkat konsumsi yang tinggi dan menurunnya penyusutan persediaan. Ini membuat PDB Thailand naik 1,33% secara kuartalan.

Indikator belanja konsumen di Thailand melonjak selama tiga bulan terakhir hingga Juli kemarin dan kinerja ekspor barang dagangan yang kuat tahun ini sebagai isyarat pertumbuhan positif bagi ekonomi domestik. Di saat yang sama, kebijakan moneter kemungkinan akan dirancang untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Peningkatan ekonomi yang lebih menonjol mungkin tidak akan terjadi dengan kondisi kredit yang relatif masih ketat. Investasi swasta masih terhambat dan pinjaman perusahaan swasta diprioritaskan untuk mendukung modal kerja dan restrukrisasi keuangan, daripada menyediakan dana untuk investasi baru.

Selain itu, Economic Insight ini melaporkan wilayah Asia tengah menikmati pertumbuhan GDP yang sehat pada paruh pertama 2017, terutama didorong oleh permintaan domestik. Di berbagai negara, kontribusi netto perdagangan eksternal pada pertumbuhan GDP utama dinyatakan negatif dan melebihi pertumbuhan impor.

Share.

Leave A Reply