Tips Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Restart Saat Main Game


Saat lagi asik-asiknya bermain game GTA V online bersama teman, tiba-tiba PC restart atau mati dengan sendirinya, maka itu pasti akan membuat Anda merasa sangat kesal. Hal kemungkinan besar terjadi karena ada kesalahan pada hardware atau pun program. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, maka silahkan Anda ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Coba Anda cek RAM

Tips Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Restart Saat Main Game - Pengetahuan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan mengecek RAM PC Anda. Kemungkinan PC restart sendiri secara tiba-tiba itu adalah karena debu atau mungkin berkarat karena sudah terlalu lama. Silahkan Anda cabut RAM Anda dari slotnya lalu bersihkan dengan kuas kering yang bersih atau menggunakan penghapus karet. Bagian yang perlu untuk dibersihkan itu hanya pada pin-pin yang berwarna kuningnya saja.

Setelah itu, coba pasang kemballi RAM Anda lalu mainkan game yang tadinya membuat PC Anda restart sendiri. Kalau nantinya PC Anda masih tetap sering restart saat memainkan game tersebut, itu berarti RAM Anda sudah mulai drop dan perlu diganti yang baru.

2. Cek VGA Card Anda

Tips Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Restart Saat Main Game - Pengetahuan

VGA Card adalah perangkat terpenting saat Anda bermain game di PC. Tanpa ada VGA Card, kemungkinan besar game yang ingin Anda mainkan tersebut tidak bisa bekerja. Anda bisa melakukan cara yang sama seperti pada RAM di atas, yaitu membersihkannya dari debu, mulai dari fan hingga pada pin-pin kuningnya tersebut.

Kemungkinan lainnya yang bisa membuat VGA Card menjadi kurang performanya itu adalah karena kipas yang tidak berputar. Untuk itu, coba Anda periksa dulu kipas (fan) dari VGA Card Anda. Kalau perlu Anda ganti fan yang baru saja untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Cek pada processor (CPU)

Tips Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Restart Saat Main Game - Pengetahuan

CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah PC (Komputer), tanpa adanya CPU maka PC Anda pastinya tidak akan menyala atau tidak bisa sama sekali digunakan. CPU yang terlalu panas akan membuat PC menjadi sering restart atau bahkan sampai mati dengan sendirinya. Coba Anda cek pada bagian fan atau kipas CPU tersebut. Kemungkinan kipasnya tidak bekerja, sehingga membuat CPU menjadi kepanasan.

Selain itu, performa CPU juga harus diperhatikan saat menggunakannya bermain game. Kalau game yang Anda mainkan membutuhkan CPU berkecepatan 3GHz, sedangkan CPU Anda hanyalah maksimal 2GHz, maka ini tentunya tidak akan kompatibel.

4. Cek program atau game yang Anda mainkan tersebut

Tips Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Restart Saat Main Game - Pengetahuan

Program atau game yang Anda mainkan kemungkinan mengalami bug atau error pada salah satu filenya, sehingga ini akan membuat komputer Anda menjadi restart saat dimainkan. Biasanya bug atau error tersebut akan selalu terulang pada saat Anda mencapai level game yang sama. Misalnya saja, PC Anda restart saat Anda sudah mencapai level 10. Dan, setelah Anda coba mainkan lagi kemudian tetap restart pada level tersebut, maka itu berarti ada error pada game tersebut.

Coba Anda hapus game tersebut dan pastikan benar-benar bersih. Setelah itu, Anda install ulang lagi game tersebut, lalu Anda mainkan. Kemungkinan lainnya adalah karena Anda menggunakan game bajakan. Di mana file crack dari game tersebut yang memang kadang menimbulkan masalah, apalagi kalau Anda mengaktifkan anti virus.

Share.

Leave A Reply