Ternyata Ada yang Lakukan Kecurangan di Seleksi CPNS Kemenkumham


Seleksi CPNS 2017 tengah menjadi sorotan, salah satunya yang dilakukan Kemenkumham. Berbeda dari pelaksanaaan sebelumnya, seleksi CPNS kali ini menggunakan sistem yang diharapkan dapat menghapuskan berbagai kemungkinan kecurangan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada seluruh jajarannya mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkumham harus bersih dan transparan. "Proses seleksi penerimaan CPNS harus benar-benar bersih, clean, baik, transparan, betul-betul jujur, terbuka, karena kita semua dipantau oleh masyarakat," ujar Yasonna, Senin (9/10/207) seperti dilansir dari laman Liputan6.

Meski begitu isu adanya tindakan kecurangan dan calo masih mewarnai seleksi CPNS Kemenkumham 2017. Salaj satunya saat pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkumham di Jambi, yang mana salah satunya pesertanya mendengar kabar adanya isu percaloan.

 Namun hal tersebut ditampik Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, "Tidak ada calo, semua (proses seleksi) dilakukan dengan akuntabel dan transparansi. Dan kalau anda lolos itu karena kemampuan saudara-saudara," ujarnya.

Selain isu calo, kecurangan dalam seleksi CPNS Kemenkumham pun terjadi di Semarang Jawa Tengah. Ya, ada satu orang peserta CPNS Kemenkumham yang tertangkap basah berusaha melakukan kecurangan dengan menyembunyikan seperangkat alat komunikasi dibalik pakaiannya. Namun hal tersebut segera diketahui petugas yang melakukan proses body check.

Ternyata Ada yang Lakukan Kecurangan di Seleksi CPNS Kemenkumham - Gaya Hidup

Nah, jangan berani-berani curang ya karena klau ketahuan, namamu akan dicatat dalam data base dan masuk daftar hitam lho!

Terkait sistem seleksi CPNS, Kepala UPT Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Muhammad Andi Hapip mengatakan tes yang dirancang oleh BKN untuk menjamin transparansi, kecepatan, dan akuntabel. Jadi jangan percaya kalau ada orang yang mendekatimu lalu meminta sejumlah uang dan menjanjikan akan meluluskanmu ya. Semangat, semoga lolos seleksi CPNS Kemenkumham!

Share.

Leave A Reply