Posting Video Kawa Makan Pakai Tangan, Andien Diperingatkan Netizen


Posting Video Kawa Makan Pakai Tangan, Andien Diperingatkan Netizen - Gaya Hidup

Kawa mencoba praktik BLW atau makan sendiri tanpa disuapi (Instagram)

 - Andien kembali disorot netizen karena gaya parenting-nya yang cukup tidak biasa. Terhadap Kawa yang baru berusia 5 bulan, ia telah menerapkan metode BLW atau baby-led weaning. Sebuah cara memberi makan bayi dengan membiarkan mereka makan sendiri, tanpa disuapi, seperti pemberian MPASI pada umumnya dalam bentuk bubur giling atau bahkan puree. 

Hal ini diperlihatkan Andien dalam posting-an video hari Minggu (18/6), di mana Kawa asyik menikmati brokoli kukus tanpa disuapi alias menggunakan tangannya sendiri. "Seneng banget latihan Baby Led Weaning! ? Selamat berkenalan dengan makanan padat yah Kaw! Terimakasih sudah menunjukkan tanda bahwa kamu siap. Selamat bereksplorasi, merasakan tekstur, dan berlatih koordinasi! We love you!" tulis Andien sebagai keterangan video. 

Sontak hal ini mengundang beragam reaksi dari netizen yang kebanyakan sesama ibu. Mereka yang kontra terutama menyayangkan pemberian MPASI yang terlalu dini atau sebelum anak berusia 6 bulan. 

Pemilik akun annisa_nur_arofah mengatakan, "Setau saya standart yg berlaku paduan WHO itu yg dibuat memang oleh manusia, tp tentu nya sudah melalui penelitian berpuluh" tahun. Jika berkenan mba @andienaisyah bisa follow ig @aimi_asi untuk mengetahui apasih yg disebut asi ekslusif, tentunya diluar pemberian obat dan ig @komunitas_hhbfuntuk metode BLW yg benar. Memang benar kondisi anak berbeda", tapi alangkah bijak dan baik nya bila kita sebagai ibu menambah wawasan dan pengetahuan tumbuh kembang anak luar dan dalam.bukan menggurui, tapi gak ada salahnya kan kita share dan berbagi ilmu yg bermanfaat ? Terimakasih dan semoga kita bisa sama" belajar."

Sedangkan akun pamelchia berkomentar, "Mungkin yang komen GPP itu belum tau bahaya MPASI DINI. ohya mbak maaf bgt, saya kurang setuju mpasi dini. Sama kek halnya "kenapa gak lahiran di bulan 7 atau 8 aja? Kenapa harus lahiran 9bulan?" Sama seperti mpasi, ada aturan knp big no mpasi dini. @andienaisyah klo untuk BLW ya gpp,tergantung mo milih yg mana. But. Big No MPASI DINI. Efeknya pun sampai dewasa."

Tidak sedikit yang kontra sekadar mengingatkan Kawa yang makan pakai tangan kiri.  

Seolah mengetahui bahwa posting-annya akan mengundang beragam reaksi, Andien telah menyertakan keterangan bahwa apa yang dilakukannya belum tentu paling terbaik. Ia juga memberi keterangan telah melakukan konsultasi kepada ahlinya sebelum memutuskan menerapkan BLW untuk Kawa kepada ahli, dokter Ratih Ayu Wulandari.

Posting Video Kawa Makan Pakai Tangan, Andien Diperingatkan Netizen - Gaya Hidup

Andien dan keluarga menerapkan gaya hidup alami (Ryn/BI)

"Terimakasih Dokter @ratih_ayu_wulandaridan Mas @rezagunawan ?￰゚マᄏ Btw, silahkan pelajari metode mpasi yang mana saja dan silahkan memutuskan mana yg paling cocok untuk keluargamu. Pilihan saya belum tentu cocok untuk semua orang dan rekomendasi tertentu juga belum tentu sesuai dengan apa yg diputuskan oleh keluarga saya. Yang lebih penting lagi, jangan lupa untuk konsultASI dengan tenaga kesehatan yang nyaman untuk diajak berdiskusi."

 

(wida/wida)

Share.

Leave A Reply