McDonald's Akhiri Kontrak Sponsorship Olimpiade


, NEW YORK -- McDonald's Corp mengakhiri kontrak sponsorship untuk Olimpiade tiga tahun lebih awal sebelum perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Kesepakatan berakhirnya kontrak ini akan dimulai pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Keputusan McDonald's untuk mengakhiri kontrak tersebut karena mereka ingin berinvestasi dalam meningkatakan kualitas makanan, layanan, dan pemesanan online terutama untuk pasar Amerika Serikat. Berakhirnya kontrak sponsorship ini, diperkirakan dapat menghemat biaya McDonald's hingga ratusan juta dolar AS.

"Kami mempertimbangkan kembali semua aspek bisnis kami, dan telah membuat keputusan ini bersama dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan kami akan fokus pada prioritas yang berebda," ujar Chief Marketing Executive McDonald's Silvia Lagnado dilansir Reuters, Senin (19/6).

McDonald's pertama kali terlibat Olimpiade yakni pada 1968, dan secara resmi menjadi salah satu sponsorship di 1976. Perusahaan makanan cepat saji ini telah menjadi bagian dari program sponsor utama IOC dengan menyumbang lebih dari 1 miliar dolar AS setiap penyelenggaraan Olimpiade. Sponsor global papan atas seperti McDonald's diperkirakan menghabiskan sekitar 25 juta dolar setahun atau 100 juta dolar AS untuk periode empat tahun yang juga mencakup Olimpiade musim dingin.

Untuk diketahui Alibaba Group Holding Ltd telah menandatangani kesepakatan dengan IOC pada Januari 2017 lalu, untuk kemitraan sponsorship di 2028. IOC mengatakan, mereka belum merencanakan penggantian sponsorship baru setelah McDonald's memutuskan untuk hengkang. Di sisi lain, berdasarkan sumber Reuters, IOC memiliki kesepakatan baru dengan Intel Corp. Namun, sampai berita ini diturunkan, Intel Corp enggan memberikan konfirmasi.

Share.

Leave A Reply