Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman



Sepatu Converse memang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Akan tetapi, entah mengapa model sepatu yang tergolong klasik ini masih tetap diminati di pasaran. Harga Converse pun bisa dibilang tidak semahal sepatu gaul lainnya. Di samping itu, cara membersihkan sepatu kain ini juga termasuk mudah.

Nah, pada tulisan kali ini BiarTau akan memberi informasi seputar cara mencuci Sepatu Converse yang benar dan aman. Cara ini tidak akan merusak sepatu kesayangan Anda tersebut. Yuk, langsung saja cari tahu serba-serbi mencuci dan merawat Sepatu Converse berikut ini.

Cara Mencuci Sepatu Converse Secara Manual

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Untuk membuat sepatu Anda selalu terlihat bersih, khususnya untuk sepatu yang berwarna putih, maka Anda harus rajin mencuci sepatu Anda. Proses pencucian sepatu sebenarnya sangat mudah, apalagi jika Anda mencuci Sepatu Converse yang notabene adalah sepatu berbahan kain.


Berikut ini adalah panduan cara mencuci Sepatu Converse secara manual alias dengan menggunakan tangan:

  1. Lepaskan tali sepatunya terlebih dahulu
  2. Buat air larutan deterjen dengan mencampurkan 2 cangkir air hangat dan ¼ cangkir deterjen bubuk. Jika memakai deterjen cair, Anda bisa menggunakan deterjen sebanyak ½ tutup botol kemasan deterjen cair tersebut
  3. Celupkan handuk atau kain bersih yang sudah tidak terpakai ke dalam air larutan deterjen. Kemudian, gosok seluruh bagian sepatu Converse Anda dengan kain tersebut, termasuk bagian dalam sepatu
  4. Ambil sikat gigi bekas, lalu gunakan untuk menggosok tali sepatu yang sudah dilepas tadi
  5. Untuk membersihkan bagian karet bawah sepatu Converse, Anda bisa menggunakan kain atau sikat gigi bekas yang sudah dicelupkan ke dalam air larutan deterjen. Gosok dengan keras sampai nodanya benar-benar hilang
  6. Bilas handuk atau kain yang dipakai tadi dengan air bersih. Kemudian, gosok kain ke seluruh bagian sepatu untuk menghilangkan residu deterjen
  7. Jemur sepatu Converse Anda di bawah sinar matahari agar cepat kering. Akan tetapi, bila sepatu Anda berwarna gelap, maka hindari terkena sinar matahari secara langsung agar warnanya tidak memudar.

Cara Mencuci Sepatu Converse dengan Mesin Cuci

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Belum pernah mencuci sepatu di dalam mesin cuci? Mulai sekarang jangan takut untuk mencuci sepatu di dalam mesin cuci jika sepatu Anda berbahan kain seperti Converse. Ada beberapa trik agar sepatu Anda tidak rusak meskipun dicuci di dalam mesin cuci, sehingga Anda tak perlu khawatir sepatu kesayangan Anda menjadi rusak.

Lakukan langkah-langkah cara mencuci Sepatu Converse di dalam mesin cuci berikut ini agar Anda bisa memperoleh sepatu yang bersih seperti baru:

  1. Lepaskan tali sepatu sebelum dicuci
  2. Bersihkan bagian bawah sepatu dari tanah, lumpur, atau pasir yang masih menempel dengan cara menggosoknya dengan sikat dan air. Bila bagian bawah sepatu sangat kotor, Anda dapat menggunakan sabun colek
  3. Oleskan cairan pembersih noda khusus sepatu atau deterjen cair di seluruh bagian sepatu
  4. Kemudian, masukkan sepatu ke dalam laundry bag atau sarung bantal yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa untuk mengikat kantong yang Anda gunakan agar sepatu tidak keluar dari kantong
  5. Masukkan kantong berisi sepatu ke dalam mesin cuci yang sudah diisi dengan air bersih dan lanjutkan dengan memiliki mode pencucian lembut (handwash atau delicate)
  6. Setelah siklus pencucian dan pembilasan selesai, keluarkan sepatu dari dalam mesin cuci untuk dijemur di bawah sinar matahari

Perlu Anda ingat bahwa jangan mencuci lebih dari sepasang sepatu pada siklus pencucian yang sama. Hal ini dapat membuat kedua pasang sepatu saling berbenturan dan hasil cucian jadi kurang maksimal.

Cara Membersihkan Sepatu Converse dengan Cuka dan Soda Kue

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Soda kue adalah bahan yang dikenal ampuh untuk menghilangkan berbagai jenis noda pada pakaian, pun begitu dengan cuka. Kombinasi kedua bahan ini akan membuat sepatu Anda jadi kembali bersih seperti baru. Jika Anda tidak ingin menggunakan cara mencuci Sepatu Converse yang sudah kami berikan di atas, maka Anda bisa menggunakan solusi ini.


Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan Sepatu Converse dengan memanfaatkan cuka dan soda kue:

  1. Lepaskan tali sepatu sebelum dicuci karena sepatu dan talinya akan dicuci secara terpisah
  2. Bilas sepatu di bawah kran air yang mengalir
  3. Buatlah pasta dari soda kue dan cuka dengan perbandingan 2 : 3. Tak perlu menambahkan air karena Anda perlu membuat pasta yang kental untuk membersihkan Sepatu Converse Anda
  4. Oleskan pasta tersebut ke seluruh bagian sepatu, lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas
  5. Selanjutnya, masukkan sepatu ke dalam mesin cuci. Di sini, Anda juga diperkenankan untuk menggunakan laundry bag atau sarung bantal
  6. Isi mesin cuci dengan air dan tambahkan sedikit deterjen cair
  7. Jalankan siklus pencucian lembut, lalu setelah siklus pencucian selesai, Anda bisa melanjutkan ke siklus pembilasan
  8. Angkat sepatu dari mesin cuci untuk dijemur di tempat yang berangin

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Cara yang satu ini sangat efektif untuk mengembalikan warna putih cerah sepatu Converse yang menguning atau membuat sepatu agar menjadi hitam kembali (jika sepatu Anda berwarna hitam).

Cara Menghilangkan Noda Lecet pada Sepatu Converse

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda lecet di sepatu kesayangan Anda. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda lecet pada Sepatu Converse.

  • Sabun cair pencuci piringInilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Manfaatkan sabun cair pencuci piring untuk menghapus noda lecet di sepatu kain. Caranya adalah usapkan sabun  cair pencuci piring ke bagian sepatu yang lecet, lalu gunakan bagian lembut pada spons cuci piring untuk menggosok noda lecet tersebut. Setelah dibilas, maka akan tampak bahwa noda tersebut nampak tersamarkan.

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Cairan pembersih cat kuku yang juga dikenal dengan nama aseton ternyata bisa menghilangkan lecet di sepatu Converse Anda. Cukup oleskan aseton pada bagian sepatu yang lecet, lalu gosok dengan jari. Dalam sekejap noda lecet pada sepatu kesayangan Anda akan hilang.

Inilah Cara Mencuci Sepatu Converse yang Benar dan Aman - Unik

Sering melihat iklan pasta gigi pemutih? Anda pasti tidak menyangka bahwa pasta gigi pemutih dapat menyamarkan noda lecet di sepatu. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan pasta gigi ke noda lecet, lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah dibilas, maka noda lecet tersebut tidak nampak lagi pada sepatu Anda.

Bagaimana cara mencuci Sepatu Converse di atas? Sangat mudah, bukan? Nah, kini gunakan cara mencuci ini untuk mengembalikan warna cerah sepatu yang pudar. Tidak perlu membuang uang untuk membeli sepatu baru jika Anda bisa menyulap Sepatu Converse lama Anda agar jadi terlihat lebih cerah, bersih, dan menarik seperti sepatu yang baru.




Share.

Leave A Reply