Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah



Baju berwarna putih selalu tampak netral bila dipadukan dengan tas atau sepatu dengan warna yang berbeda. Akan tetapi, baju putih membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Pasalnya, baju putih sangat gampang ternoda atau kelunturan. Pada kesempatan ini, BiarTau akan mengupas tuntas mengenai cara mencuci baju putih agar tetap cerah dan bebas noda. Selain itu, kami juga memberi tips untuk memutihkan baju putih yang kusam.

Jangan menyerah dalam merawat baju putih. Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk mencuci baju putih di binatu agar warnanya kembali cerah. Dengan perawatan sederhana, baju putih Anda bisa terlihat cerah seperti baru kok!

Cara mencuci baju putih yang benar

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Sudahkah Anda melakukan cara mencuci baju putih yang benar? Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan ketika mencuci baju putih, terutama saat mencuci kemeja putih, seperti baju seragam sekolah misalnya.

1. Pisahkan baju putih dengan baju berwarna

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Ketika mencuci baju putih, sebaiknya cuci secara terpisah dengan baju yang berwarna. Hal ini mencegah risiko baju putih kelunturan. Selain itu, baju putih juga dapat terlihat kusam jika dicuci bersamaan dengan baju berwarna. Pisahkan cucian baju putih dengan baju yang berwarna. Cara ini berlaku ketika Anda mencuci dengan tangan maupun mesin cuci.

2. Pilih deterjen anti noda atau khusus baju putih

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Setelah melakukan penyortiran, Anda pun perlu memilih deterjen yang tepat untuk mencuci baju putih. Untuk mempertahankan warna baju agar selalu terlihat putih dan cerah, gunakan deterjen khusus baju putih. Jika tidak ada, Anda dapat memilih deterjen anti noda yang dapat menghilangkan berbagai jenis noda sehingga baju putih yang dicuci selalu terlihat bersih.

3. Tidak ada aturan khusus saat mencuci baju putih

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Tidak ada aturan khusus saat mengucek atau membilas baju putih. Anda bebas mengucek baju tersebut sesuka hati. Yang harus Anda perhatikan adalah penyortiran antara baju putih dan berwarna, serta pemilihan deterjen. Anda pun bebas mencuci baju putih dengan air hangat atau air dingin dan memilih siklus pencucian pada mesin cuci.

4. Jemur baju di bawah sinar matahari

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Baju berwarna memang tidak dianjurkan untuk dijemur di bawah sinar matahari. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada baju putih. Jemur baju putih di bawah sinar matahari setelah dicuci. Konon, sinar matahari dapat berperan sebagai pemutih pakaian alami yang dapat mengatasi noda kekuningan di baju putih Anda.

Cara memutihkan baju agar terlihat cerah



Setelah mengetahui cara mencuci baju putih secara tepat, Anda juga harus memahami beberapa tips untuk memutihkan baju agar selalu terlihat cerah. Perlu Anda ketahui bahwa baju putih dapat terlihat kusam atau kekuningan jika terlalu sering dipakai dan dicuci. Kembalikan warna putih cerah baju Anda dengan cara memutihkan baju berikut ini:

Sitrun

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa sitrun bisa dipakai untuk memutihkan baju. Sitrus adalah pengawet alami yang biasa dipakai untuk memberi rasa asam pada makanan maupun minuman. Bentuk sitrun yang dijual di toko-toko bahan kue adalah bubuk. Selain dapat memutihkan baju, sitrun juga bermanfaat untuk menghilangkan noda di baju putih. Berikut cara memutihkan atau menghilangkan noda di baju putih dengan sitrun:

  1. Siapkan air hangat di dalam ember, lalu masukkan sitrun secukupnya (Sekitar 2-3 sendok makan)
  2. Rendam baju putih ke dalam air larutan sitrun dan diamkan selama 10 menit
  3. Jika ada noda di baju putih, gosok noda tersebut dengan sikat gigi bekas setelah baju direndam selama 10 menit
  4. Bilas baju tersebut dengan air bersih, lalu cuci dengan deterjen seperti biasa

Baking soda

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Selain sitrun, Anda juga dapat memutihkan baju dengan baking soda. Bahkan, bahan yang satu ini terkenal ampuh dalam menghilangkan berbagai jenis noda pada pakaian. Jika Anda ingin memanfaatkan baking soda untuk memutihkan pakaian, cukup rendam pakaian di dalam air yang sudah dicampur dengan baking soda selama beberapa menit. Selain itu, jika Anda mencuci di dalam mesin cuci, maka campurkan baking soda ke dalam siklus pencucian pertama.

Untuk menghilangkan noda di baju putih, buatlah pasta baking soda dengan mencampur bahan ini dan air. Selanjutnya, oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian yang ternoda, lalu gosok dengan sikat gigi bekas sampai nodanya hilang.

Produk pemutih

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Cara termudah untuk memutihkan pakaian adalah dengan menggunakan produk pemutih. Ya, Anda dapat memutihkan baju dengan Bayclin, Proclin, Soklin Pemutih, atau merk produk pemutih pakaian lainnya.

Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk penggunaan produk pemutih pakaian yang tertera pada kemasannya. Namun, Anda harus selektif dalam memilih produk pemutih pakaian. Pasalnya, terlalu sering memakai pemutih pakaian yang mengandung klorin yang tinggi dapat merusak serat kain. Baju putih Anda jadi semakin rapuh dan mudah sobek jika Anda memakai pemutih berklorin tinggi terus menerus.

Cuka putih

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Lengkapi cara mencuci baju putih agar tetap cerah dengan menambahkan cuka putih. Ya, cuka putih juga dikenal sebagai pemutih pakaian alami. Sama seperti pemakaian baking soda, Anda bisa mencampurkan cuka putih saat mencuci baju dengan tangan maupun mesin cuci. Akan tetapi, aroma cuka putih ini sedikit menyengat, sehingga Anda perlu menggunakan pewangi pakaian agar aroma baju tetap harum.

Jeruk Nipis

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Satu lagi pemutih baju alami yang tidak akan merusak serat kain, yakni jeruk nipis. Berikut adalah cara menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan baju:

  1. Siapkan air panas yang mendidih di dalam ember, selanjutnya tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya
  2. Rendam pakaian di dalam air larutan jeruk nipis ini selama 1 jam
  3. Setelah itu, angkat baju tersebut. Apabila ada noda kuning di kerah atau ketiak, gosok noda tersebut dengan bagian dalam jeruk nipis
  4. Bilas pakaian dengan air dingin yang juga sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis

Aspirin berwarna putih

Rahasia Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cerah - Unik

Aspirin adalah obat yang biasa dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala dan nyeri. Siapa sangka jika 5 butir aspirin bisa dipakai untuk memutihkan pakaian? Ya, untuk memutihkan baju dengan aspirin, Anda harus menggunakan aspirin yang berwarna putih.

Selanjutnya, rendam baju putih di dalam air yang sudah dicampur dengan aspirin. Beberapa jenis aspirin memiliki aroma obat yang sangat pekat, sehingga gunakan aspirin untuk merendam baju sebelum Anda mencuci baju tersebut dengan deterjen.

Itulah serba-serbi cara mencuci baju putih agar tetap cerah. Anda pun bisa memilih hendak memutihkan baju dengan produk pemutih pakaian atau dengan bahan-bahan lainnya. Nah, jika Anda ingin berbagi tips dalam merawat baju putih, silakan tuliskan tips Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.




Share.

Leave A Reply