Bank Papua Diminta Tutup Kantor di Luar Papua – BiarTau News


-->

BiarTau News – Menanggapi masalah yang tengah dihadapi Bank Papua, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan saran agar beberapa kantor cabang (KC) Bank Papua di luar daerah sebaiknya ditutup.

Alasannya sejumlah KC Bank Papua di luar daerah memiliki biaya operasional yang sangat tinggi namun tidak memberikan kontribusi laba yang memuaskan. OJK pun menyarankan agar KC Bank Papua di tiga daerah segera ditutup.

“Kantor Cabang Bank Papua yang tidak memberikan kontribusi besar kami sarankan untuk tutup. Ada tiga yaitu KC Manado, Jakarta dan Serpong,” ujar Kepala OJK Cabang Jayapura, Misran Pasaribu, Sabtu (17/06/2017).

Menurutnya selain tak memuaskan dalam kontribusi, KC Bank Papua yang berada di luar Papua ada juga yang biaya operasional lebih tinggi dibanding laba untuk perusahaan. Hal ini dipandang sebagai kondisi yang tidak bisa dibiarkan terus menerus jika ingin Bank Papua tetap eksis.

“Di kantor cabang pembantu (KCP) Kelapa Gading pegawainya sangat banyak sementara pendapatan kecil. Artinya biaya operasional bahkan lebih besar dari pendapatan,” terang Misran.

Ia menambahkan KC Bank Papua di luar daerah yang tergolong stabil dan memiliki kondisi sehat yakni KC Surabaya dan KC Makassar. Sementara yang tidak memberikan kontribusi sebaiknya ditutup. Ia berharap KC yang sudah disarankan tutup dapat dieksekusi sebelum tahun 2018.

Sementara itu masyarakat yang memiliki tabungan di Bank Papua diminta tetap tenang dan tidak menarik uangnya dari Bank Papua. Misran menyebut meski masalah kredit macet di Bank Papua tinggi namun likuiditas Bank Papua masih aman hingga saat ini.

Share.

Leave A Reply