10 Riff Gitar Paling Terkenal Sepanjang Masa


Lagu-lagu yang dimuat di dalam artikel ini mungkin tidak akan menjadi sebesar sekarang tanpa dihiasi dengan riff-riff gitar yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kami tidak meng-klaim bahwa yang tertulis di bawah ini adalah yang terbaik atau ter-rumit, namun tidak dapat disangkal bahwa mereka telah menjadi bagian besar di sejarah musik Rock. Inilah 10 Riff Gitar paling terkenal sepanjang masa.


10TNT – AC/DC

Ditulis oleh para pentolan band ini – Ben Scott, Angus & Malcolm Young, lagu ini telah dipakai di berbagai film layar lebar, TV shows, dan video games. Banyak tim olahraga atau pegulat pro yang juga menggunakan lagu ini untuk membakar semangat mereka dan para fans-nya.


9Enter Sandman – Metallica

Dimulai dari albumnya yang berjudul The Black Album di tahun 1991, banyak fans membuat opini jika kualitas musik Metallica semakin menurun dan tidak memuaskan dibandingkan album sebelumnya. Apapun opini mereka, lagu inilah yang membesarkan nama band Metallica, terjual lebih dari 1 juta kopi di Amerika dan 30 juta di seluruh dunia.


8Iron Man – Black Sabbath

“Iron Man” ini bisa dibilang lagu yang paling terkenal dari Black Sabbath. Green Day, NOFX, Cancer Bats, Sir Mix-A-Lot, dan bahkan William Shatner telah memakai tune ini. Sabbath sangat bergantung pada riff gitar yang terdistorsi. Riff ini didasarkan sepenuhnya pada dua note power chords. Ini merupakan salah satu riff yang paling banyak dipelajari oleh para gitaris pemula.


7Day Tripper – The Beatles

The Beatles sebenarnya jarang mengandalkan riff dalam lagu-lagu mereka. John Lennon menulis sebagian besar lagu ini dan mengutip lagu “Watch Your Step” dari Bobby Parker sebagai inspirasi untuk riff gitarnya. Struktur riff ini terdiri dari campuran skala pentatonik minor dan mayor, blues dan rock.


6Cat Scratch Fever – Ted Nugent

Ted Nugent, pria yang penuh dengan kontroversi entah itu dalam hal politik, senjata, atau apapun, dia sanggup menimbulkan kehebohan setiap kali dia membuka mulutnya. Seperti dengan lagu ini yang cocok sekali dengan kepribadiannya. Coba dengarkan teriakan kecil ketika drum mulai dimainkan. Klasik.


5Lager And Ale – Kim Mitchell

Bagi yang belum begitu familiar dengan namanya, Kim Mitchell adalah penyanyi dan penulis lagu asal Kanada dan telah mencapai kesuksesannya bersama band Max Webster. Riff khas lagu Lager and Ale didasarkan dari skala pentatonik A minor dan blues.


4Crazy Train – Ozzy Osbourne

Lagu Crazy Train menampilkan salah satu intro gitar terbaik yang pernah ditulis. Gitarisnya, Randy Rhodes, juga dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik di dunia. Riff ini sungguh klasik dan ketika Randy mulai memetik senarnya, semua orang mulai mengangguk-anggukan kepalanya.


3Sweet Child O’ Mine – Guns N’ Roses

Tidak mungkin tidak ada lagu ini dalam list riff gitar terbaik sepanjang masa. Sweet Child O’ Mine dimulai dengan petikan-petikan senar oleh gitaris Slash. Apa jadinya lagu ini tanpa riff gitar tersebut yang telah melegenda.


2Thunderstuck – AC/DC

Ada banyak perdebatan tentang bagaimana cara gitaris Angus Young memainkan riff ini, antara menggunakan teknik hammering on ataupun pulling off. Apapun tekniknya, hasilnya tetap menggetarkan. Apalagi ditambah dengan permainan saudaranya, Malcolm Young, mereka sanggup menjadikan suara dua buah gitar begitu harmonis dan terdengar menyatu.


1Smoke On The Water – Deep Purple

Lupakan Stairway To Heaven, seharusnya ada papan di setiap toko musik yang bertuliskan “NO SMOKE ON THE WATER”. Inilah riff gitar paling terkenal dan terbesar, bahkan Lars Ulrich (pentolan dan drummer Metallica) mengatakan bahwa ini adalah riff seumur hidup. Dijamin Anda pasti sudah pernah mendengar nadanya entah dari mana.


.

Share.

Leave A Reply