Doujinshi Tidak Merugikan Pemilik Lisensi Menurut Perdana Menteri Jepang


Bagi sobat yang belum kenal dengan istilah “doujinshi”, akan BiarTau jelaskan secara singkat. Doujinshi adalah sebutan untuk komik buatan para fans yang biasanya tidak berisi karakter original melainkan karakter yang diambil dari judul-judul tertentu, jadi istilahnya “komik yang dibuat oleh fans dari judul tertentu”.

Doujinshi Tidak Merugikan Pemilik Lisensi Menurut Perdana Menteri Jepang - Entertain
Source: Tumblr.com

Komik-komik ini biasanya dijual tanpa seizin pengarang aslinya, tetapi di jepang doujinshi bisa dikatakan adalah grey area di mana, sepengetahuan BiarTau, jarang sekali pengarang asli yang menuntut orang lain karena doujinshi yang mereka buat, mungkin yang terjadi adalah pengarang yang menyatakan ketidak sukaan terhadap karangan tertentu seperti Tite Kubo, pengarang Bleach yang secara gamblang mengatakan bahwa ia tidak menyukai yaoi atau Anzai Nobuyuki pengaran Flame of Recca yang mengatakan di komiknya bahwa ia menghargai para fansnya namun ia pribadi kurang menyukai hubungan sesama jenis yang diciptakan oleh fans.

Doujinshi Tidak Merugikan Pemilik Lisensi Menurut Perdana Menteri Jepang - Entertain
Source: kazenblown.livejournal.com

Doujinshi bagi para penikmatnya bisa dikatakan sebagai sebuah pemuas tersendiri sehingga mereka tidak berhenti untuk membelinya. Bagi sobat yang sering mampir ke pururin.net (RIP Pururin), fakku atau hitomi.la, harusnya sudah paham dong kenapa doujinshi begitu menarik perhatian? Nah, Jepang baru saja mengikuti TPP alias Trans-Pacific Partnership yang dilakukan antara Australia, Brunei, Kanada, Chili, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Amerika Serikat dan Vietnam. Partnership ini sempat dikatakan akan menggerus industri doujinshi yang sudah mendarah dagin di Jepang. Tetapi sobat nggak perlu khawatir, karena Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan industri doujinshi aman.

Doujinshi Tidak Merugikan Pemilik Lisensi Menurut Perdana Menteri Jepang - Entertain
Source: coolandspicy.net

Shinzo Abe menganggap bahwa doujinshi tidak bersaing di market yang sama dengan karya aslinya, karena itu doujinshi tidak akan mengurangi atau memberikan dampak kepada profit yang diterima oleh pemilik lisensi sehingga doujinshi aman dari regulasi TPP yang melindungi profit dari karya orisinil. Ia juga menambahkan bahwa sebaiknya doujinshi sebaiknya diperlakukan sebagai parodi dalam hukum legal dan bukan sebagai karya bajakan seperti streaming dan download anime ilegal yang kerap beredar di internet.

Doujinshi Tidak Merugikan Pemilik Lisensi Menurut Perdana Menteri Jepang - Entertain
Source: tsunagujapan.com

Masuk akan banget sih sob, mengingat bahwa memang doujinshi tidak serta merta membajak, tapi pengarangnya mengolah lagi dan membuat cerita baru dan juga menggambar kembali dengan tangan mereka sendiri. Argumen yang membuat industri doujinshi tidak perlu takut lagi, tapi bakal bikin sobat yang suka nonton anime streaming ilegal bakal kelabakan karena sebentar lagi, mungkin saja sobat nggak bisa nonton anime secara streaming atau download dari nyaa.se karena hal tersebut bertentangan dengan regulasi TPP. Duh, gimana hidup anime gue? Seenggaknya asupan doujinshi masih hidup terus lah ya.

Source: Jiji via SGCafe

Share.

Leave A Reply