10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game


Pernah tidak Anda bermain video game dan berpikir “keren juga ya kalau teknologi ini beneran ada di dunia nyata”. Nah, ternyata beberapa dari teknologi yang ada di video game itu benar-benar ada di dunia. Berikut ini adalah daftar 10 penemuan canggih yang terinspirasi dari berbagai teknologi di dunia game.


10Auto Aim

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Perusahaan teknologi Amerika TrackingPoint telah menciptakan sebuah senjata yang memiliki kemampuan untuk membidik target secara otomatis. Produknya yang dinamakan XS1 dilengkapi dengan sebuah tombol pelacak dimana ketika ditekan, senjata tersebut akan mengunci target dan terus mengikuti kemanapun ia bergerak. Canggihnya, senjata tersebut telah di-desain sedemikian rupa untuk mengatasi kecepatan angin dan elevasi agar selalu akurat.


9Character Control

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Di hampir semua video game, sudah pasti kita bisa memainkan dan mengontrol karakter-karakternya. Misalnya, mengontrol kemana karakter kita akan pergi, keputusan apa yang harus diambil dan sebagainya. Ilmuwan dari Universitas North Carolina iBionicS Lab telah mengembangkan sebuah teknologi dimana akan memberikan kemampuan pemakainya untuk mengontrol makhluk hidup dari jarak jauh.

Mereka telah menanam wires di dalam otak kecoa dan setelahnya dapat mengontrol kemana jalannya kecoa tersebut dari layar komputer.


8Pemrogaman Granat

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Granat yang kita tahu biasanya langsung meledak beberapa saat setelah pelatuknya ditarik, atau setelah dilempar, namun video game Gears of War memberikan kemampuan para pemainnya untuk mengontrol granat tersebut dan meledakannya bahkan sebelum dilempar. Game ini menginspirasikan lahirnya XM25, yakni sebuah rocket launcher dengan granat yang dapat diprogram. Granat-granat ini dapat di pre-set untuk meledak pada titik atau waktu tertentu. Mereka bahkan bisa diledakkan di udara sehingga berakibat menyemburkan pecahan-pecahan pelurunya kepada target di bawah. Senjata ini telah digunakan oleh beberapa special forces di US.


7Iron Curtain

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Kendaraan lapis baja seperti tank misalnya jelas lebih perkasa ketimbang kendaraan lainnya, tapi tetap saja mereka dapat dihancurkan seperti yang sering kita lihat di film-film perang. Jika Anda pernah bermain Battlefield 3, maka Anda pasti tahu susahnya menghancurkan sebuah tank meski telah di-bom atau ditembak oleh rocket launcher berkali-kali. Nah, demi menjadikan ini sebuah kenyataan, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sedang mengembangkan sistem pelindung yang dinamakan Iron Curtain.

Dilengkapi dengan sensor-sensor di sisinya, tank tersebut mampu mendeteksi adanya ancaman dan lalu membuat suatu medan listrik di sekitar tank itu untuk menempis segala bom atau roket yang datang.


6Exoskeletons

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Exoskeletons adalah baju baja khusus (armor suits) yang dapat menaikan kekuatan pemakainya dan juga memberikan perlindungan. Armor suits seperti ini adalah fitur popular dari game seperti Fallout. Terima kasih untuk perkembangan teknologi sekarang, exoskeletons seperti ini bukanlah hal yang hanya bisa ditemui di game saja. Exo-suits memiliki beberapa kelebihan yang sungguh berguna, seperti membantu tentara membawa barang berat, atau memudahkan tim penyelamat mengakses lingkungan yang berbahaya.

Perusahaan teknologi seperti Lockheed Martin dan Sarcos telah berhasil menyelesaikan sebuah prototype exoskeletons untuk digunakan di bidang militer.


5Heads-up Display

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Mayoritas video game menampilkan status karakter Anda seperti health, score atau peta game tersebut di layar monitor selagi Anda bermain. Jika dipikir-pikir, konsep ini mirip dengan Google Glass, sebuah headset yang memungkinkan pemakainya untuk membaca pesan, melihat gambar dan sebagainya sambil terus melakukan aktifitas sehari-hari. Gadget seharga $1500 ini juga bisa terhubung dengan internet, dapat diaktifkan dengan suara dan bisa mengambil foto.

Tapi ada yang lebih canggih lagi dari gadget tersebut. Para peneliti di Korea Selatan juga sedang mengembangkan teknologi dengan fitur yang sama, namun dibuat sebagai contact lens ketimbang gadget.


4Extra Lives

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Biasanya di sebuah video game, jika karakter kita mati, selama masih ada “lives” yang tersisa maka kita bisa melanjutkan bermain sebelum “game over”. Tahukah Anda bahwa teknologi ini sedang dikembangkan untuk manusia di dunia nyata? Bilioner Rusia, Dmitry Itskov, berambisi untuk menyelesaikan Android Body paling lambat tahun 2045. Ingatan bahkan kepribadian Anda bisa di-install ke tubuh Android ini.


3Jubah Tembus Pandang

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Di game Crysis, pemain bisa mengaktifkan “Cloak” mode yang dapat menjadikan karakter Anda tembus pandang. Ilmuwan di Universitas Central Florida mampu menjadikan teknologi ini menjadi sebuah kenyataan. Di dunia nyata, jubah tebus pandang ini dilapisi oleh nano antennas yang bertujuan untuk menghentikan pantulan cahaya dan membelokan cahaya itu dari apapun yang dicakupi oleh jubah tersebut sehingga tidak dapat terlihat oleh mata. Sekarang ini jubah itu baru bekerja pada benda yang amat sangat kecil, namun eksperimen terus dilakukan agar jubah tersebut dapat dipakai oleh manusia.


2Power-Ups

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Masih ingat dengan jamur di Super Mario Bros dimana tubuh Mario akan bertambah besar setelah memakannya? Kira-kira beginilah fungsi dari “Power-Ups” yakni memberikan pemakainya kemampuan ekstra. Di dunia nyata, kemampuan ini dapat diperoleh dari obat yang bernama Modafinil. Obat ini dapat membuat seseorang terus terbangun selama 40 jam tanpa mengganggu mental orang tersebut. Sekarang obat ini sedang diteliti oleh US Air Force untuk membantu pilot jet tempur yang harus terus waspada selama berjam-jam tanpa henti.


1Medpacs

10 Penemuan yang Terinspirasi dari Teknologi di Dunia Game - Entertain

Jika Anda terluka di video game dan hampir kehabisan darah, Anda cukup memakai Medpacs dan voila karakter Anda langsung sehat kembali dalam sekejap. Joe Ladolina, seorang penemu Amerika dan juga insinyur biomedis, menciptakan produk bernama “Vetigel”, yakni gel yang mampu menghentikan pendarahan dengan cepat ketika dioleskan ke luka di tubuh.


.

Share.

Leave A Reply