6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban


Cara menghitamkan rambut beruban maupun rambut yang memerah akibat mengalami kerusakan secara alami bisa ditemukan pada artikel kali ini. Rambut yang hitam biasanya menandakan bahwa rambutnya dalam kondisi yang baik. Maka, simak cara-cara di bawah ini.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Natural

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Tidak hanya para orang tua yang khawatir tentang bagaimana menghitamkan kembali rambut mereka yang sudah memutih, namun banyak juga anak muda yang merasa terganggu dengan rusaknya rambut mereka sehingga warnanya berubah menjadi kemerahan. Seperti yang kita ketahui, warna rambut hitam adalah khas dari orang Asia di mana warna tersebut adalah tanda bahwa rambut berada pada kondisi yang sehat. Itulah mengapa berikut ini kita bisa mengintip beberapa cara natural yang akan dibagikan kali ini.

1. Teh Hitam

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Apapun masalah rambut yang dihadapi, entah itu karena tumbuhnya uban atau kemerahan karena rambut rusak, teh hitam adalah solusi alami yang bisa dipertimbangkan. Cara perawatan rambut dengan bahan ini pun tergolong sangat sederhana; hanya tinggal menyeduh teh hitam dan merendamkan rambut ke dalam cairan teh, selesai sudah. Tunggu sampai teh keadaan dingin untuk mencelupkan dan merendamkan rambut. Selanjutnya, diamkan beberapa saat sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air pada waktu mandi.

2. Biji Pepaya

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Waktu kita makan buah pepaya, tentu bijinya akan kita buang. Padahal ada kebaikan yang bisa didapat dari biji pepaya tersebut sebagai salah satu cara menghitamkan rambut secara alami dan berkilau. Cara perawatan rambut dengan bahan ini tidak sulit, cukup dengan menyangrai biji pepaya lalu menumbuknya sampai benar-benar lembut dan menambahkan minyak kelapa dan mencampurnya sampai rata, ramuan sudah jadi. Ramuan bisa kemudian dioles ke permukaan rambut secara menyeluruh dan tinggalkan sekitar 2 jam sebelum dibersihkan dengan cara dibilas.

3. Minyak Kemiri

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Kemiri memang menjadi bagian dari bumbu dapur dan merupakan bahan untuk memasak. Tapi kemiri punya manfaat lebih besar dari sekadar penyedap masakan. Minyak rambut kemiri sangat berguna dalam membuat rambut menjadi hitam dan sehat. Karena terdapat zat baik di dalamnya yang berkhasiat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, bahan ini bisa dimanfaatkan juga oleh orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri sangat mudah didapat dan bisa dicoba sebagai cara menghitamkan rambut beruban hanya dengan mengoleskan ke seluruh rambut secara rutin.

4. Minyak Kembang Sepatu

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Satu lagi minyak dengan kandungan baik untuk rambut kemerahan, rontok dan kusam, yakni minyak kembang sepatu yang ramuannya sangat gampang dibuat. Kita hanya perlu menyiapkan 5 kembang sepatu dan menumbuknya sampai halus, kemudian tuangkan madu secukupnya ke tumbukan kembang sepatu. Setelah dicampur secara merata, oleskan ke rambut sampai rata dan tunggu beberapa menit agar nutrisi terserap baik ke dalam rambut. Terakhir, keramasilah atau cukup bilas menggunakan air.

5. Minyak Zaitun

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Minyak lainnya yang sangat bagus untuk membuat rambut hitam alami dan terjaga kesehatannya adalah minyak zaitun. Ini dia cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen tanpa sedikitpun bahan kimia berbahaya. Caranya pun praktis karena cukup mengoleskan minyak zaitun secukupnya hingga ke seluruh rambut, mendiamkannya selama beberapa saat, lalu gunakan air bersih untuk membilas. Melakukannya secara rutin alias setiap hari akan memberikan hasil luar biasa.

6. Mangga

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Mangga tidak hanya sekadar buah yang segar dan manis untuk dikonsumsi, namun mangga juga akan membuat rambut yang kusam dan kemerahan menjadi lebih hitam dan mengeluarkan kilaunya. Caranya sangat sederhana, cukup siapkan satu buah mangga (yang masih mentah) yang sudah dipisahkan dari bijinya. Ambil juga daun mangga dan keduanya (buah dan daun) bisa langsung ditumbuk sampai halus. Tuang minyak kelapa secukupnya dan campur hingga merata sebelum dibalurkan ke seluruh permukaan rambut. Tunggu sampai 1-2 jam sebelum mengeramasi rambut.

7. Lidah Buaya

6 Cara Menghitamkan Rambut Memerah dan Beruban - Gaya Hidup

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini bukan hanya dapat merangsang pertumbuhan rambut, melainkan juga bermanfaat dalam membuat rambut hitam, bercahaya dan sehat senantiasa. Lendir atau gelnya bisa diambil dan dibalurkan ke rambut sampai menyeluruh, diamkan selama beberapa menit atau paling tidak setengah jam agar nutrisi dapat terserap sempurna. Baru sesudah itu rambut bisa dibilas.

Sebenarnya sangat mudah menjaga kesehatan rambut. Dengan bahan-bahan alami di atas kita bisa memdapatkan rambut hitam yang kita inginkan dengan mudah. Untuk rambut hitam yang berkilau, silakan langsung mencoba satu atau beberapa dari cara menghitamkan rambut tersebut.

Lihat juga Ramalan Zodiak kamu hari ini!

Share.

Leave A Reply