Cerita Cerita Legenda dan Dongeng Rakyat Dunia


Cerita cerita Legenda yang kakak posting malam hari ini berasal dari dongeng rakyat dunia. Semua contoh cerita legenda yang kami posting mengandung amanat moral yang baik untuk anak-anak. Dua dongeng legenda yang saat ini kalian baca adalah beberapa diantaranya.

Cerita Cerita Legenda dari Tibet : Laki-Laki Yang Baik

Di sebuah desa, hiduplah seorang laki-laki yang sangat baik. Suatu hari, seorang lama (guru agama Buddha Tibet) melewati desa itu. Laki-laki baik bertemu sang lama.

"Aku ingin mendapat pencerahan, menjadi bijaksana dan pengasih agar bisa menolong makhluk hidup. Apa yang harus aku lakukan?" katanya.

Cerita Cerita Legenda dan Dongeng Rakyat Dunia - Edukasi

Cerita Cerita Legenda dari Tibet Laki-Laki Yang Baik

Lama menyuruh laki-laki baik untuk bersemedi di hutan dan memberi tahunya doa yang harus dibaca. Jika bisa taat melakukannya, ia akan mendapat pencerahan. Kemudian, laki-laki baik itu pergi ke hutan dan bersemedi di sebuah gua.

Dua puluh tahun sudah berlalu. Laki-laki baik itu akhirnya menghentikan semedinya. Tapi, ia tidak mendapatkan pencerahan. la kembali menemui sang lama.

"Selama dua puluh tahun aku bersemedi dan berdoa sesuai perintahmu. Tapi, aku tidak mendapat pencerahan," katanya.

"Oh, aku khawatir semedi itu tidak ada gunanya untukmu. Kau tidak akan pernah mendapatkan pencerahan," kata sang lama.

Laki-laki baik itu menangisi nasibnya. la tidak menyangka semua yang ia lakukan selama dua puIuh tahun telah sia-sia. la pun kembali ke dalam gua dan duduk di batu tempatnya bersemedi selama dua puluh tahun.

"Ah, biar aku teruskan saja semedi dan doaku. Lagipula apa lagi yang bisa aku lakukan," katanya pasrah.

Tanpa keinginan meraih pencerahan, laki-laki baik itu meneruskan semedinya. Tapi, justru pada saat itulah ia mendapat pencerahan. Dari tubuhnya terpancar cahaya terang. Ternyata, seseorang harus melepaskan keinginannya untuk mendapat pencerahan. Sejak saat itu, si laki-laki baik bisa menolong sesama makhluk hidup dan mengajarkan ajaran Buddha.

Pesan Moral dari Cerita Cerita Legenda dari Tibet : Laki-Laki Yang Baik adalah Jadilah anak yang baik dan rendah hati. Jadilah anak yang sederhana dan mandiri. Jangan merepotkan kedua orangtuamu.

Contoh Cerita Legenda Dari Filipina : Pemimpin Yang Punya Tanduk

Dahulu kala, hiduplah seorang pemimpin yang sangat kejam terhadap rakyatnya. Saat marah kepada rakyatnya, ia selalu berkata, "Andai saja aku punya tanduk, pasti mereka akan Iebih takut padaku." Tidak lama setelah ia mengucapkan perkataan ceroboh itu, dua tanduk tumbuh di kepaIanya.

Suatu hari, sang pemimpin menyuruh seorang tukang cukur memotong rambutnya. "Apa yang kau lihat di kepalaku?" tanya sang pemimpin dengan suara mengancam.

"Aku tidak melihat apa-apa," kata tukang cukur ketakutan.

"Jika kau bilang pada siapa pun bahwa aku punya tanduk, kau akan kugantung," ancam sang pemimpin.

Tukang cukur pun pulang ke rumahnya dalam keadaan ketakutan. Semakin ia memikirkan rahasia sang pemimpin, semakin ingin la menceritakannya kepada seseorang.

Akhirnya, ia pergi ke sebuah ladang dan menggali tanah di bawah rumpun bambu. la masuk ke lubang hasil galiannya dan berucap pelan, "Pemimpin punya tanduk di kepalanya." Setelah itu, tukang cukur pulang ke rumahnya.

Cerita Cerita Legenda dan Dongeng Rakyat Dunia - Edukasi

Contoh Cerita Legenda Dari Filipina Pemimpin Yang Punya Tanduk

Keesokannya, banyak orang yang hendak pergi ke pasar melewati rumpun bambu dekat lubang tempat tukang cukur menceritakan rahasia sang pemimpin. Beberapa orang berhenti saat mendengar suara dari rumpun bambu, "Pemimpin punya tanduk di kepalanya."

Akhirnya, berita bahwa sang pemimpin mempunyai tanduk semakin tersebar dan sampai kepada pejabat-pejabat istana. Para pejabat segera mengunjungi rumah sang pemimpin. Tapi, istrinya mengatakan sang pemimpin tidak bisa ditemui karena sedang sakit. Padahal, sebenarnya sang pemimpin malu keluar rumah karena tanduknya telah tumbuh hingga mencapai satu meter.

Karena penasaran dengan berita tersebut, para pejabat mendobrak pintu kamar sang pemimpin dan melihat sang pemimpin dengan tanduknya. Salah seorang pejabat memerintahkan prajurit untuk membunuh sang pemimpin. Sebab, takut kalau sang pemimpin lama-lama akan menjadi binatang. Akhirnya, berakhirlah nyawa pemimpin yang kejam itu.

Pesan Moral dari dongeng legenda Dari Filipina : Pemimpin Yang Punya Tanduk adalah Hati-hati dengan ucapanmu. Jangan biasakan mengumbar sumpah. Jadilah anak yang baik maka semua orang akan menyayangimu.

Baca cerita legenda rakyat menarik lainnya Contoh Cerita Legenda : Asal Mula Nama Irian dan Contoh Dongeng Legenda Indonesia dari Jambi

Share.

Leave A Reply