10 Mafia Paling Kaya di Dunia


Mungkin beberapa dari kita sangat akrab dengan istilah ‘mafia’. Ya. Mafia merupakan panggilan kolektif yang ditujukan pada beberapa organisasi yang melakukan kejahatan secara terorganisir. Mereka melakukan kejahatan seperti pemerasan, terjun dalam bisnis gelap prostitusi, perjudian, sebagai pengedar obat-obatan terlarang, dan apa pun caranya untuk menghasilkan nafkah bagi mereka meski dengan cara kriminal.

Itulah intinya. Mereka mencari nafkah bagi diri mereka sendiri dan caranya kriminal. Bagaimana mungkin mereka dapat terus bekerja dan melakukan kejahatan secara terorganisir dan tidak dibereskan secara tuntas? Jumlah mereka besar, mulai dari anggotanya, lingkup wilayah yang tidak lagi hanya pada satu negara, hingga jumlah kekayaan organisasi mereka yang bisa jadi digunakan untuk membuat scenario yang meloloskan mereka dari kejaran polisi.

Hal itulah yang membuat mereka semakin kaya dari hari ke hari. Bahkan kekayaan mereka pun tidak tanggung-tanggung. Mau tahu lebih lanjut? Mari kita simak ulasan singkat berikut tentang sepuluh mafia terkaya di dunia.


10Frank Lucas

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Ia adalah seseorang biasa yang memiliki ambisi besar untuk menjadi ‘fotokopi Donald Trump’ yang merupakan salah satu orang paling kaya menurut majalah Forbes. Ia merencanakan bisnis dan memperhitungkan keuntungan yang mungkin didapatnya dari bisnis heroin yang sangat besar. Ia tahu bahwa ada sebuah potensi keuntungan yang begitu besar ketika Lucas sanggup mendapatkan heroin dari sumbernya serta mampu melewati mafia Italia yang pada saat itu mengendalikan Harlem. Lucas melakukan perjalanan ke Vietnam dengan menyiapkan kontak dan koneksi sehingga ia berhasil mengangkut beberapa ton heroin menggunakan kapal dari Asia Tenggara.

Lucas hanya mempekerjakan anggota keluarga dan teman-teman yang bisa Ia percaya. Akhirnya Lucas berhasil mengambil alih perdagangan heroin di New York dan New Jersey. Selama puncak operasi, Lucas berhasil mendapat keuntungan 1 juta dollar AS per hari dan kekayaan bersihnya diperkirakan sudah menyentuh angka 52 juta dollar AS sehingga menjadikannya sebagai salah satu mafia terkaya di dunia.


9Jose Figueora Agosto

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Pria kelahiran 28 Juni 1964 ini dikenal sebagai salah satu mafia terkaya di dunia yang kekayaannya berasal dari hasil perdagangan narkoba yang 90% lalu lintas perdagangannya berasal dari Republik Dominika menuju Puerto Rico. Track record hukumnya begitu buruk. Ia bukan hanya seorang pengendali bisnis narkoba tapi juga pernah membunuh supir yang mencuri pengiriman kokain serta keluar dari penjara berkat perintah pembebasan palsu. Kekayaannya dilansir mencapai 100 juta dollar AS.


8Joseph Kennedy

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Joseph P. Kennedy dikenal sebagai seorang jutawan pertama yang mendapatkan kekayaannya di usia 30 tahun dari hasil bisnis minuman keras. Ia harus mengambil langkah ekstrim ketika muncul larangan terhadap bisnis minuman keras sehingga Joseph terpaksa menghubungi mafia di New York dan Chicago demi melancarkan bisnisnya di kedua kawasan tersebut. Meski bisnis tersebut dilegalkan kembali, Joseph tetap dilindungi dari hukum atas tindakannya yang tetap berbisnis secara ilegal. Pada masa kejayaannya, Joseph dilansir memiliki kekayaan bersih yang mencapai angka cukup fantastis yaitu 300 juta dollar AS.


7Meyer Lansky

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Ia dikenal sebagai salah satu gangster yang cukup terkenal di masanya. Lansky yang seorang Yahudi Polandia ini berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1911 ia mengorganisir gang kecil dan bergerak menjadi sebuah gangster kelas dunia yang bergerak pada aksi pencurian mobil, perampokan, dan penyelundupan minuman keras. Untung bagi Lansky, ia bekerja di bawah perlindungan keluarga kejahatan Masseria dan bersekongkol dengan pembunuh profesional. Lansky menjadi bankir utama di operasi dan digunakan sebagai akun internasional untuk mencuci uang. Bisnisnya terus meluas pada kerajaan judi, pengedaran narkotika, bisnis gelap prostitusi, pornografi, pemerasan, dan lain-lain. Forbes bahkan memasukkannya ke dalam daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat dengan kekayaan bersih mencapai 600 juta dollar AS.


6Al Capone

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Ia lahir dalam keluarga terhormat. Tapi Capone tidak bisa menolak pesona Johnny Torno, seorang gangster kaya yang menjadikan Capone bergabung dalam gang Torno. Kinerja gang begitu melejit. Capone pindah ke Chicago tahun 1909 atas permintaan Torno agar bisa membantunya menjalankan operasi gelap mereka di sana. Tahun 1925, Capone mengambil alih pimpinan Torno setelah Torno pensiun dari jabatannya. Capone terkenal sebagai pimpinan gangster yang kejam dan selalu berusaha mengambil alih gang lain dan meningkatkan wilayahnya. Hasil kerja gelapnya bahkan menghasilkan 60 juta dollar AS per bulan dan tentunya penghasilan tersebut menyumbang kekayaannya yang bernilai 1.3 miliar dollar AS.


5Griselda Blanco

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Masa kecilnya mendukung Blanco sampai pada kehidupan dengan pekerjaan kotornya. Blanco dibesarkan oleh ibu yang kasar dan hanyut dalam sebuah prostitusi ketika usianya masih muda. Ia bahkan bekerja sebagai pelacur serta terlibat denga Medellin Cartel. Blanco dikenal sebagai pemimpin gangster yang melakukan lebih dari 200 pembunuhan saat mengangkut narkoba jenis Kokain dari Kolombia menuju Amerika Serikat. Ia bahkan merancang pakaian khusus yang bisa digunakan untuk mengangkut jumlah besar melalui US Customs. Blanco terus bekerja untuk Medellin Cartel dan memperoleh reputasi karena membunuh hingga ia sendiri tertangkap dan dipenjara akibat persekongkolan obat. Ia dikenal memiliki kekayaan dari hasil kerja kotornya mencapai 2 miliar dollar AS.


4Carlos Lehder

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Pria satu ini juga merupakan anggota pendiri dari gangster Medellin Cartel dan mengambil kendali pada sebuah pulau di Bahama untuk dijadikannya sebagai tempat pengangkutkan kokain antara Kolombia dan Amerika Serikat. Lehder diketahui memiliki koneksi ke penjara sehingga membantunya mengimpor kokain dan mendistribusikannya di seluruh Amerika Serikat. Selama masa jayanya dalam perdagangan narkoba, Lehder telah berhasil mengumpulkan kekayaan yang bernilai lebih dari 2.7 miliar dollar AS.


3Joaquin Guzman Loera

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Ia dilahirkan dan dididik dari keluarga yang cukup baik hingga Ayahnya mengusir Loera dari rumah dan membuatnya harus bertahan hidup dengan cara bergabung dengan Sinaloa yang dikenal sebagai seorang kartel narkoba. Loera bertugas mengawasi logistik dan memastikan pengiriman narkoba antara Meksiko dan Amerika Serikat serta Eropa dengan menyewa pesawat, kapal, truk, kereta api, atau helikopter. Ketika kepala kartelnya ditangkap, Loera mengambil alih kendali dan menambah pembuatan shabu dalam Meksiko. Dari hasil pekerjannya ini ia mengumpulkan kekayaan bersih yang diperkirakan mencapai 5 miliar dollar AS.


2Amado Carrillo Fuentes

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Fuentes dikenal dengan julukan Lord of The Skies karena memanfaatkan pesawat pribadinya sebagai transportasi untuk membawa kokain di seluruh dunia. Ia bahkan memiliki 27 pesawat jet pribadi yang sebagian besar tipe Boeing 727. Kartel Fuentes berkembang dan menjadikannya sebagai salah satu pengedar narkoba yang paling kuat di dunia dengan pengiriman ton kokain langsung ke Manhattan setiap bulannya. Pada masa jayanya, dia diyakini memiliki kekayaan bersih mencapai lebih dari 25 miliar dollar AS.


1Pablo Escobar

10 Mafia Paling Kaya di Dunia - Pengetahuan

Ialah gangster paling sukses di dunia yang memulai karir kriminalnya dari mencuri dan menjual batu nisan. Ia kemudian terlibat dengan bisnis kokain dan membentuk Medellin Cartel. Kekayaannya diprediksi menyentuh angka 30 miliar dollar AS dan berhasil ‘mempengaruhi’ pembuatan hukum agar tidak ada ekstradisi yang menjadikannya lebih bebas dalam menjalankan operasi kejahatannya.


Itulah sepuluh mafia terkaya di dunia yang memiliki kekayaan tidak tanggung-tanggung dari hasil kerjanya. Meski mereka berhasil mengumpulkan kekayaan yang begitu besar, namun bukan berarti cara mereka pantas dicontoh karena jelas dalam mengumpulkan pundi-pundi tersebut mereka bahkan tega menghabisi ratusan nyawa orang yang seolah tak bernilai bagi mereka.

.

Share.

Leave A Reply