10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal


Gangster merupakan istilah yang merujuk pada organisasi kejahatan dan juga merujuk pada organisasi yang bertindak secara kriminal. Ukuran gangster sendiri bermacam-macam. Yang paling besar bisa mencakup anggota dari seluruh dunia. Mereka melakukan kejahatan secara terorganisir dengan memanfaatkan anggota mereka yang tersebar di seluruh dunia. Mau tahu siapa saja yang termasuk dalam sepuluh gangster kelas dunia? Yuk intip ulasan singkatnya berikut ini.


10Yakuza

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Yakuza atau Gokudo merupakan nama sebuah organisasi kejahatan terorganisir di Jepang dan kerap disebut sebagai mafia Jepang karena memiliki kesamaan dengan bentuk organisasi yang sebenarnya berasal dari Italia tersebut. Tulang punggung dari bisnis ilegal ganster ini adalah pachinko (), perdagangan ampethamine yang termasuk es dan ekstasi, prostitusi, pornografi, pemerasan, dan juga penyelundupan senjata. Di dalam negeri mereka sendiri, Yakuza bahkan ditenggarai turut berperan dalam anjloknya ekonomi Jepang selama kurang lebih 10 tahun terakhir yang berimbas pada turunnya bisnis properti dan kredit macet pasca 1990.

Banyak perusahaan yang memperoleh pinjaman bank yang pada dasarnya merupakan sebuah kigyo shatei, yaitu perusahaan boneka milik Yakuza. Di sisi lain, anggota Yakuza diketahui kerap membli aset properti dengan harga yang cukup miring dari perusahaan yang membutuhkan uang tunai untuk dijual kembali dengan harga tinggi, seperti contohnya apartemen, perkantoran, bahkan rumah sakit. Yakuza juga beroperasi di kalangan politisi Jepang. Beberapa praktik suap bahkan mencatutkan nama gangster ini termasuk dalam program tender proyek umum yang nilainya mencapi triliunan yen.


9Area Boys

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Dikenal juga dengan nama lainnya yaitu Agberos. Gangster ini berbasis di Lagos, Nigeria, dengan jumlah anggota mencapai 35.000 anggota. Gangster ini merupakan kelompok kejahatan terorganisir yang anggotanya ada mulai dari anak jalanan dan didominasi oleh laki-laki. Mereka melakukan kejahatan seperti pemerasan, penjualan obat-obatan ilegal, bekerja sebagai penjaga informal, dan berbagai tindak kejahatan lainnya. Metode pemerasan mereka adalah mengelilingi pejalan kaki, driver, dan penumpang kendaraan yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Mereka memaksa korban untuk membayar beberapa ‘layanan’ yang sebetulnya tidak ada sebelum membiarkan korban pergi.


8Wah Ching

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Wah Ching merupakan kelompok rahasia dan gangster etnis China dan Amerika yang juga dikenal sebagai Dub C. Gangster ini berasal dari San Fransisco, California, sejak awal tahun 1960. Pada masanya, gangster ini merupakan salah satu gangster yang cukup besar. Wah Ching mengontrol banyak kejahatan di San Fransisco dan Los Angeles. Wah Ching dikenal telah memiliki konflik yang panjang dengan gang Asian Boyz. Perselisihan itu bahkan sampai pada kejadian baku tembak yang terjadi di El Monte. Seorang anggota gang pesaing bernama Lea Mek diyakini telah dibunuh oleh anggota gangster Wah Ching bernama Chung Lewong Yang.

Kejadian penembakan lainnya terjadi di San Marino yang menyebabkan dua pemuda tewas saat perayaan kelulusan sekolah. Gangster satu ini terlibat dalam bisnis obat ilegal dan perdagangan senjata, pemerasan, pembunuhan, pembajakan perangkat lunak, pencurian, perjudian, prostitusi, dan darat pinjaman. Jumlah anggotanya pun cukup besar yaitu sekitar 7.000 orang.


7Jamaican Posse

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Gangster satu ini merupakan sebuah koalisi geng yang berbasis terutama di Kingston, London, New York City, dan juga Toronto. Anggota Jamaican Posses dikenal karena pertempuran senjata dengan polisi dan sejumlah kasus penembakan dalam perselisihannya dengan geng pesaing. Mereka bahkan dikenal tidak segan untuk membunuhh siapapun yang berniat memotong keuntungan dari penjualan obat-obatan. Gangster ini dikenla menggunakan kekerasan ekstrim dan preferensi untuk senjata perang yang memiliki tenaga tinggi seperti MAC-10. Jamaican Posse bahkan dikenal memiliki afiliasi yang kuat dengan dua partai politik yang cukup besar di Jamaika yaitu Partai Rakyat Nasional dan Partai Buruh Jamaika, serta dengan kepolisian dan militer di pulau tersebut.


6Primeiro Comando Da Capital (PCC)

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Gangster ini merupakan organisasi kriminal terbesar asal Brasil dengan anggota lebih dari 13.000 orang yang mana 6.000 di antaranya berada di penjara. Organisasi kejahatan ini berbasis di San Paulo dan aktif di 22 kota di antaranya Paraguay dan Bolivia. PCC dilaporkan bertanggung jawab atas sejumlah aktivitas kriminal seperti pemberontakan penjara, perdagangan obat ilegal, dan perampokan tingkat tinggi.


5Aryan Brotherhood (AB)

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

The Aryan Brotherhood merupakan sindikat organisasi kriminal dan gang penjara yang berbasis di Amerika Serikat dan diketahui memiliki anggota lebih dari 10.000 orang baik di dalam maupun di luar penjara. Tindak kejahatan mereka di antarnaya adalah perdagangan narkoba, konspirasi, pembunuhan, pemerasan, dan pembunuhan kontrak. Ikhwanul Arya mmempunyai peran yang cukup besar dalam sistem penjara federal di Amerika, khususnya di California. Mereka terkenal memiliki satu otoritas jika bermain dengan lawan mereka yaitu tidak takut akan hukuman. Hukuman mati sama sekali tidak membawa tekanan bagi mereka. AB dikenal sebagai gangster pembunuh yang kejam dimana menurut data FBI, anggotanya terbentuk dari 1% penghuni penjara di seluruh Amerika serikat dan merekalah yang seharusnya bertanggung jawab untuk 18% kasus pembunuhan penjara.


4Bloods

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Merupakan gang jalanan yang beranggotakan orang Amerika-Afrika dan berbasis di Los Angeles, California. Gangster ini dikenal sebagai rival dari Crips. Mereka mengidentifikasikan dirinya dengan warna merah. Pada awalnya, mereka terbentuk hanya sebagai kelompok yang anti terhadap gangster Crips yang dibentuk dalam lingkungan lokal dengan tujuan menekan penyebaran gangster Crips. Lama-kelamaan, mereka mendaulatkan diri untuk bersatu di bawah nama Bloods yang merupakan sebuah langkah untuk memberikan kontribusi untuk reputasi mereka sebagai sebuah kelompok yang lebih terorganisir dibandingkan dengan rival mereka. Bloods juga terlibat dalam beberapa tindak kejahatan seperti pembunuhan, perdagangan narkoba, perampokan, dan pemerasan dengan jumlah anggota berkisar antara 15.000 sampai 30.000 orang.


318th Street Gang

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Dikenal juga dengan nama Calle 18, Barrio 18, La18 atau Mara-18. Gangster ini merupakan sebuah organisasi kriminal yang dibentuk di Rampart area of Los Angeles, California. Mereka dikenal sebagai gangster kriminal transnasional terbesar di Los Angeles. Jumlah anggotanya cukup besar yakni mencapai 65.000 orang. Tindak kejahatan mereka meliputi perdagangan obat ilegal dan senjata, perampokan, pemerasan, pembunuhan dan pembunuhan kontrak, hingga pelacuran. 50.000 anggotanya berada di Amerika Tengah dan puluhan ribu lainnya terletak di Amerika Serikat. Gangster ini diyakini beroperasi di 37 negara bagian dan 10 negara asing. Saingan utama gangster satu ini adalah MS-13.


2The Mungiki

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

The Mungiki merupakan sebuah ganster yang berbasis di wilayah Nairobi, Kenya. Mereka memiliki jumlah anggota yang sangat besar yakni mencapai 100.000 hingga 500.000 orang dengan tindak kejahatan mulai dari pembunuhan, pemerasan, mutilasi, hingga intimidasi. The Mungiki dalam bahasa Gikuyu berarti ‘banyak’ yang benar-benar mendeskripsikan jumlah anggota mereka yang begitu besar. Mereka terbiasa untuk membunuh kelompok etnis lain dan mengerahkan pengaruh politik yang luar biasa.


1Mara Salvatrucha (MS-13)

10 Gangster Kelas Dunia yang Terkenal -

Merupakan gangster kriminal yang terbentuk di Los Angeles, California. Gangster ini telah menyebar ke bagian lain dari Amerika Serikat, Canada, Meksiko, dan Amerika Tengah. Mayoritas anggota mereka berasal dari etnis Amerika Tengah (kebanyakan Salvadorans) dan aktif di daerah perkotaaan. Jumlah anggota gangster ini mencapai 70.000 orang dengan tindak kejahatan yang pernah mereka lakukan antara lain pengedaran narkoba, senjata, perdagangan manusia, pembunuhann dan pembunuhan kontrak, pemerasan, dan juga penculikan.


Itulah 10 gangster kelas dunia yang cukup terkenal dan berbahaya. Bisa dilihat kebanyakan dari mereka berasal dari Amerika Serikat. Mungkin masih ada dan banyak beredar gangster lainnya yang tidak kalah berbahaya dan terletak di belahan dunia yang lain dan Indonesia pun tidak terlepas dari potensi adanya gangster berbahaya lainnya.

.

Share.

Leave A Reply