6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang


Manfaat jeruk nipis untuk rambut ternyata lumayan banyak. Jeruk nipis bukan hanya segar untuk membuat minuman dan juga menyedapkan masakan tapi bahan alami ini pun bisa jadi solusi untuk orang-orang yang bermasalah dengan rambut berketombe, rontok, dan bercabang. Kandungan vitamin C yang tinggilah yang membuat bahan satu ini menjadi lebih oke untuk dilirik.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang - Gaya Hidup

Kandungan baik yang terdapat di dalam jeruk nipis adalah vitamin C dan ternyata kalau kita bandingkan sama buah jeruk biasa, maka jeruk nipis menang karena vitamin C-nya lebih kaya. Vitamin C pada buah ini oke punya karena bisa mencegah rambut rontok serta mencegah ketombe. Zat lain yang diketahui ada di dalam jeruk nipis adalah zat asam di mana khasiatnya sangat bagus buat rambut terjaga kilaunya tanpa harus sering-sering ke salon. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau rambut bisa menjadi lebih sehat dengan banyaknya nutrisi yang diberikan oleh buah ini.

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang - Gaya Hidup

Rambut rontok yang tidak segera diatasi bisa-bisa malah menjadikan rambut kita botak. Dan hal ini bisa terjadi bukan hanya pada laki-laki, perempuan juga bisa. Maka demi penampilan maksimal tanpa gangguan rambut, jeruk nipis bisa dipercaya karena vitamin C-nya yang berkadar tinggi sehingga kebotakan bisa dicegah serta diatasi.

2. Mengatasi Ketombe

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang - Gaya Hidup

Berketombe yang berlebihan bisa-bisa membuat kita malu apalagi kalau sampai orang lain melihatnya. Ketombe sendiri itu ada karena kulit kepala mengelupas dan jeruk nipis bisa jadi solusi murah tapi ampuh. Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk inilah yang bisa membuat rambut bebas ketombe. Selain dari manfaat jeruk nipis untuk rambut rontok, jeruk nipis juga ternyata bisa menyingkirkan ketombe secara efektif tanpa kesulitan.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut berketombe bisa didapatkan hanya dengan dengan menyiapkan jeruk nipis yang kemudian diiris menjadi beberapa. Irisan tersebut bisa diperaskan tepat di kulit kepala. Ambil waktu 20 menit sampai setengah jam untuk menunggu hingga terserap ke dalam kulit kepala. Setelah kering, baru boleh dibilas hingga bersih dengan air (boleh juga menggunakan shampo). Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali dalam satu minggu, dan buktikan hasilnya.

2. Mengatasi Rambut Bercabang, Kering & Pecah-pecah

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang - Gaya Hidup

Bukan cuma rambut yang sudah terkontaminasi bahan kimia saja yang bisa pecah-pecah, bercabang dan kering akibat direbonding, dikriting atau dicat. Rambut yang sering terpapar sinar matahari pun juga bisa rusak. Jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi masalah-masalah tersebut secara efektif dan menjaga supaya rambut tetap kuat, sehat dan berkilau. Intinya, jeruk nipis bukan hanya bahan alami yang bagus buat kulit dan tubuh, melainkan juga sempurna untuk perawatan rambut murah di rumah.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut bercabang bisa didapat kalau kita menggunakan jeruk nipis dicampur dengan madu dan minyak zaitun untuk masker rambut kita. Bahan-bahan inilah yang akan membantu kita mendapatkan rambut sehat dan berkilau tanpa pecah-pecah, bercabang atau kering. Atau, bisa juga memakai jeruk nipis tepat sebelum berangkat tidur dengan cara yang sama seperti saat merawat rambut rontok. Selain jauh dari kering dan bercabang serta kerusakan rambut lainnya, rambut juga pastinya bakal memiliki warna yang cerah tanpa efek cat rambut yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

3. Untuk Rambut Rontok

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok, Berketombe & Bercabang - Gaya Hidup

Cara pertama yang sangat gampang untuk dipraktikkan di rumah adalah dengan memeras jeruk nipis yang bisa dicampur dengan air untuk ketika akan membilas rambut. Cara lain yang juga bisa dicoba adalah dengan membelah buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Oles-oleskan ke seluruh bagian rambut secara merata sebelum diakhiri dengan membungkusnya dengan handuk, mendiamkannya selama sekitar 6 jam. Baru setelah itu rambut boleh dicuci. Lebih disarankan untuk melakukan cara kedua ini saat malam hari.

Apapun tujuan kalian dalam menggunakan jeruk nipis, ingat bahwa kandungan pH di dalam buah ini lumayan tinggi, jadi tidak akan bagus juga kalau dipakai setiap hari dalam jangka waktu yang lama atau kulit kepala bisa jadi kering. Meski alami, kalau terlalu berlebihan pun juga tidak disarankan, jadi mesti diperhatikan juga sebelum mulai menggunakan jeruk nipis dan mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk rambut.

Lihat juga Ramalan Zodiak kamu hari ini!

Share.

Leave A Reply