Cerita Dongeng Pendek : Raja dan Dua Penipu


Cerita dongeng pendek yang diposting malam hari ini menceritakan seorang Raja yang sangat gemar memakai baju baru. Kegemarannya itu sangat tidak terpuji karena sang raja sudah memiliki ribuan baju. Apa yang akan terjadi dengan Raja yang suka menghambur-hamburkan uang tersebut. Silahkan adik-adik baca cerita dongeng singkat ini sampai selesai.

Cerita Dongeng Pendek Dunia : Raja dan Dua Penipu

Cerita Dongeng Pendek : Raja dan Dua Penipu - Edukasi

Cerita Dongeng Pendek Raja dan Dua Penipu

Suatu hari, di sebuah kerajaan hiduplah seorang Raja yang sangat senang dengan memakai baju baru. Koleksi bajunya pun sudah beribu-ribu. Sang Raja menyimpan baju koleksinya di sebuah lemari kaca yang di simpan disebuah kamar khusus.

Raja pun selalu membeli baju barunya dengan harga yang sangat mahal. Suatu hari, Raja sangat kebingungan, karena sebentar lagi ada acara perayaan ulang tahun kerajaan. Di hari yang sangat istimewa tersebut pasti akan datang tamu-tamu dari berbagai negeri. Sang Raja pun akan berpawai berkeliling kerajaan, rakyat pun sangat tidak sabar menunggu hari dimana mereka dapat bertemu sang Raja.

Suatu hari, Raja memanggil Perdana Menteri untuk memesankan baju yang benar-benar istimewa agar pada saat perayaan, semua terpesona melihatnya. Akhirnya, Perdana Menteri mengadakan sayembara. ‘’ Siapapun yang dapat membuatkan baju yang sangat indah akan di berikan hadiah’’.

Setelah Perdana Menteri mengumumkan sayembara tersebut. Datanglah dua orang Pria yang mampu membuat baju istimewa. Untuk membuat baju yang sangat indah dan istimewa kedua Pria tersebut membutuhkan benang yang terbuat dari emas.

Mendengar kabar tersebut, Raja tersenyum sangat lebar. Ia pun sangat senang mendengar baju yang terbuat dari emas asli, pasti sangat indah pikirnya. Sang Raja pun segera memerintahkan Perdana Menteri untuk menyediakan bergulung-gulung benang yang terbuat dari emas. Raja pun menyediakan sebuah kamar untuk kedua Pria tersebut.

Ulang tahun kerajaan pun semakin dekat. Raja sangat tidak sabar ingin melihat baju barunya tersebut. Akhirnya, ia memerintahkan Perdana Menteri untuk memeriksa bajunya.

‘’ Perdana Menteri, pergilah memeriksa baju baruku? Tanya Raja.

Kedua Pria tersebut masih berada di dalam kamar.

‘’ Ini bajunya Tuan. Bagaimana menurut anda? Kata salah satu Pria.

‘’ Sebagai orang yang sangat bijaksana. Anda pasti bisa melihat baju yang sangat indah ini.’’ Kata salah satu Pria.

Namun, Perdana Menteri sangat kebingungan. Ia sama sekali tidak dapat melihat apapun. Meskipun kebingungan. Namun, ia tidak berani bertanya. Perdana Menteri hanya menganggukkan dan segera menemui Raja.

Bagaimana baju baruku? Tanya Raja penasaran.

‘’ Bajunya sangat indah Tuanku. Raja dapat melihatnya sendiri.’’ Jawab Perdana Menteri gugup.

Karena sangat penasaran. Raja segera menemui kedua Pria tersebut. Mereka pun berkata hal yang sama kepada Raja. Raja pun sangat bingung karena tidak dapat melihat apapun. Ia pun melihat Perdana Menteri untuk meminta pendapat. Perdana Menteri hanya menganggukkan kepala dan mengatakan baju tersebut sangat indah.

‘’ Tuanku, apakah engkau bersedia memakai baju ini?’’ Tanya salah satu Pria tersebut.

Raja pun segera melepaskan pakaiannya. Kedua Raja pun membantu memakaikan baju barunya. Raja melihat dirinya dalam cermin. Namun, ia sama sekali tidak melihat baju barunya. Namun, Raja berpura-pura percaya bahwa baju itu berada dalam tubuhnya, karena ia tidak mau di anggap sebagai Raja yang tidak bijaksana.

Keesokkan harinya, Raja sudah siap dengan baju barunya. Meskipun bajunya tidak terlihat. Namun, Raja sangat senang dan percaya diri. Raja pun bersiap untuk mulai pawai keliling kerajaan. Rakyat sangat terkejut melihat penampilan Raja . meskipun mereka terkejut. Namun, tidak ada dari mereka untuk berkata apa-apa.

Dengan rasa bangga. Raja terus melambaikan tangan. Namun, di tengah perjalanan. Tiba-tiba, Raja mendengar seorang anak yang bertanya kepada ibunya.

‘’ Ibu, kenapa Raja tidak memakai baju?

Mendengar anak tersebut. Raja sangat terkejut, ia pun langsung melihat pada tubuhnya.

‘’ Ia pun baru sadar, bahwa dirinya memang tidak memakai baju!’’ kata Raja dalam hati.

Raja pu menahan rasa malunya. Ia pun segera kembali ke istana dengan perasaan sedih. Ternyata, kedua Pria tersebut sudah menipu Raja. Mereka hanya ingin mendapatkan benang bergulung-gulung benang emas dan segera melarikan diri.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Pendek : Raja dan Dua Penipu adalah jangan suka menghambur-hamburkan uangmu untuk barang yang tidak kamu perlukan. Jangan karena ingin dipuji kita menjadi orang yang tidak jujur dan sembrono.

Baca cerita dongeng pendek lainnya pada artikel Kakak berikut ini Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru dan Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Pendek (Fabel)

 

Share.

Leave A Reply