10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser


Dalam menentukan suksesnya penyelenggaraan konser musik, peran artis atau musisi memang menjadi pokok kuncinya. Tapi, bagaimana para artis atau musisi ini bisa memberikan kesan tersendiri bagi penontonnya, bukan hanya soal bagaimana seni yang ditampilkannya tetapi juga gabungan dari beberapa kinerja tim penyelenggara di balik panggung. Ada desain panggung, penyediaan alat musik, perlengkapan sound system, dan lain-lain. Salah satu peran pekerja di balik panggung yang juga cukup krusial dan bisa dikatakan mengambil andil yang cukup signifikan dalam kesuksesan konser musik adalah peran Liaison Officer atau LO. Siapakah dia?

Liaison Officer atau LO adalah sebuah profesi yang tugasnya menjalin hubungan antara dua pihak dalam rangka berkomunikasi dan mengoordinasi sebuah acara sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam konteks penyelenggaraan acara atau konser musik, peran LO bukan hanya bekerja sebagai translator antara musisi dengan panitia pendukung – terutama bila musisi tersebut bukan musisi dalam negeri – tetapi juga turut membentuk kondisi yang nyaman dengan maksud menjaga mood atau suasana hati kedua belah pihak yang bekerja sama dalam keadaan baik sehingga bisa menyelanggarakan acara sesuai dengan rencananya, syukur bila memberikan penampilan terbaik dan meninggalkan kesan yang memuaskan bagi penonton.

Bagaimana suka dan duka menjadi seorang LO terutama bila sang musisi bukan merupakan musisi lokal? Perlu diketahui, dunia hiburan menyimpan sejuta kisah kelam yang disimpan rapat-rapat untuk menjaga popularitas sang musisi atau artis sehingga masih bisa mendapatkan pekerjaan yang bisa digunakan untuk menghidupi dirinya. Sama seperti si musisi ini, banyak hal yang tidak diketahui para penggemarnya, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang mungkin aneh, jorok, atau cenderung memalukan. Bukan memalukan bagi si musisi, tetapi bagi LO yang harus menurutinya demi menjaga perasaan si musisi tetap baik dan bisa memberikan penampilan yang menunjukkan totalitas kerjanya.

Nah, lantas seaneh dan seunik apa permintaan para musisi ini hingga tak jarang harus membuat LO-nya memiliki muka tembok, kuat fisik dan batin, serta tetap ceria di hadapan si musisi? Mari kita simak ulasan singkat berikut ini.


10Mariah Carey

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Diva pop satu ini dikenal sebagai penyanyi dengan permintaan yang cukup membuat pusing dan ribet bagi para LO yang menanganinya. Mariah Carey bahkan dilaporkan pernah meminta kepada LO untuk selalu menyediakan permen karet beserta seorang pembantu khusus yang bertugas membuang permen karetnya. Beberapa permintaan aneh lainnya pun pernah ia lontarkan seperti meminta adanya atau disediakan binatang kecil dan berbulu seperti kelinci, anjing, atau kucing tetapi semuanya harus dalam fase anak. Yang lebih memusingkan promotor dan LO adalah ia bahkan pernah meminta adanya kebun binatangn mini yang diletakkan di belakang panggung tempat ia akan konser.


9Sir Paul McCartney

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Semakin seorang musisi lama berkiprah di dunia hiburan, semakin ia menjadi legenda dan biasanya seorang legenda musik tidak terlepas dari permintaannya yang aneh cenderung ribet yang harus dipenuhi LO dan promotor sebelum ia memberikan aksi terbaiknya di panggung konser. Permintaan dari penyanyi legendaris satu ini bahkan tergolong sangat sangat spesifik. Sir Paul McCartney pernah dilaporkan meminta sebanyak 19 unit tanaman berdaun setinggi 6 kaki, 4 unit tanaman rimbun setinggi 4 kaki, katering yang menyediakan menu vegetarian, serta sama sekali tidak menginginkan adanya produk yang terbuat dari hewan meskipun itu perabotan atau karpet.


8Iggy Pop

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Penyanyi sekaligus penulis lagu satu ini dianggap memiliki pengaruh yang cukup besar pada hampir semua jenis musik dan sering dianggap sebagai salah satu musisi yang paling dinamis sepanjang sejarah musik. Dengan kemampuannya dalam menulis dan membawakan lagu secara apik dan memiliki pengaruh besar terhadap banyak jenis musik, ia seolah merasa permintaannya sangat wajar dan sederhana. Permintaan Iggy Pop yang paling aneh yang pernah dicatat oleh LO dimana ia mengadakan konser adalah terdapat 7 kurcaci yang harus ada dan bisa dibawa ke belakang panggung.


7Madonna

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Perempuan satu ini juga bisa dikenal sebagai salah satu legenda musik yang selalu diingat melalui karya-karya dan kehidupan pribadinya. Hal yang cukup membuat pusing para LO ketika menghadapi tingkah Madonna sebelum meggelar konser adalah menyediakan toilet baru di setiap tempat dimana Madonna akan menggelar konser. Tercatat ia juga pernah meminta kamar hotel yang benar-benar baru dan belum pernah ditempati oleh orang lain.


6Moby

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Musisi satu ini dikenal juga sebagai DJ dan penulis lagu yang cukup sukses di seluruh dunia sejak awal tahun 1991. Permintaan pertama mungkin masih bisa diberikan mengingat penulis juga akan setuju dengan hal ini: Moby tidak menginginkan ada asap rokok ketika ia manggung, bahkan ia akan mengamuk jika mengetahui ada asap rokok. Well, masih masuk akal dan cukup bisa didukung. Namun bagaimana dengan permintaannya yang kedua, dimana ia meminta adanya pakaian dalam dengan jumlah yang banyak? Tidak pernah ada yang tahu apa yang dilakukan Moby dengan semua pakaian dalam tersebut.


5Prince

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Dikenal sebagai musisi yang telah menciptakan setidaknya 1000 lagu dan membuatnya sebagai musisi yang sangat digilai perempuan di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bila Prince adalah musisi yang memiliki permintaan cukup aneh dan nyentrik ketika menggelar konser? Ia bahkan menginginkan seorang dokter yang selalu berjaga di belakang panggung dan bertugas menyuntiknya dengan vitamin B12. Tidak hanya itu, Prince juga meminta semua makanan yang ditujukan kepadanya harus ditutupi dengan pembungkus plastik berwarna bening.


4Jennifer Lopez

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Penyanyi eksotis satu ini dikenal lewat jenis musiknya yang rata-rata pop dan R&B. Wanita yang akrab disapa J.Lo ini bahkan dilaporkan sebagai penyanyi Amerika Latin yang paling kaya di Hollywood. Pendapatannya dikumpulkan dari hasil kerja kerjasnya di dunia tarik suara dan dunia akting. Dengan profesionalitas yang dimiliki, tak heran bila ia meminta permintaan yang aneh dan wajib dipenuhi promotor ketika ia akan konser di suatu tempat. Permintaannya yang paling pasti adalah desain ruangan mulai dari cat tembok hingga perabot dan hiasan di dalam kamarnya berwarna putih serta menginginkan sajian kopi yang proses pengadukannya berlawanan arah jarum jam.


3Britney Spears

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Penyanyi cantik nan kontroversial ini juga dikenal sebagai musisi yang permintaannya cukup ribet dan harus dipenuhi pihak promotor sebelum ia menggelar konser. Permintaan nyentrik yang harus dipenuhi tersebut adalah pihak promotor harus menyediakan saluran telepon yang hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar dan apabila terdapat telepon masuk, maka Britney tidak segan-segan akan memberlakukan denda sebesar US$5.000! Selain itu Britney juga dilaporkan pernah meminta 2 boks Pop Tarts, Froot Loops cereal, TV kabel, 2 sofa berukuran 6 kaki, serta karpet yang harus bebas dari bau busuk.


2Celine Dion

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Penyanyi anggun satu ini terkenal dengan lagu-lagunya yang apik dan dibawakan dengan penuh perasaan serta berhasil memikat pendengarnya mulai dari usia muda hingga usia tua, mereka yang muda di zaman kejayaan penyanyi asal Kanada ini. Dengan bakat dan kemampuannya dalam memberikan kesan spektakuler bagi penonton konsernya bukan berarti Celine Dion merupakan pribadi yang biasa-biasa saja. Untuk mendukungnya menyelenggarakan konser yang memuaskan penonton, pihak promotor harus bisa menyediakan ruang ganti yang berada di belakang panggung dan suhu ruangan ganti tersebut harus berkisar antara 23 derajat Celcius hingga 73.4 derajat Farenheit. Ck ck ck. Ada-ada saja!


1John Mayer

10 Permintaan Konyol Para Musisi Sebelum Konser - Entertain

Meskipun dia seorang laki-laki, musisi John Mayer bukanlah orang yang simple dalam urusan keinginan yang harus dipenuhi promotor. Bagi John Mayer, kebersihan mulut merupakan hal utama yang harus didapatkannya. Maka, ketika akan menyelenggarakan konser, pihak promotor harus mampu menyediakan segala keinginannya seperti sikat gigi dengan gagang yang lembut, sebotol Listerine, dua botol pasta gigi dengan rasa mint dan merk Sensodyne atau merk Tom’s of Maine. Mayer juga menuliskan permintaannya berupa permen pelega tenggorokan dengan merek Altoids. Hal ini dimintanya karena ia menyadari bahwa ia sangat menyukai makanan manis. Maka tak ketinggalan pula berbagai jenis sereal manis yang harus disediakan promotor seperti Count Chocula, Lucky Charms, juga Cinnamon Toast Crunch.


Setelah mengetahui permintaan idola yang cenderung aneh dan ajaib, masih berpikiran bahwa pekerjaan LO itu mudah dan menyenangkan? Mungkin Anda perlu menjalani masa-masa trainee untuk sungguh-sungguh merasakan bagaimana fisik dan batin Anda dikuras habis demi menyenangkan si musisi.

.

Share.

Leave A Reply