Cerita Dongeng Anak Dunia dari Rusia


Dongeng anak dunia yang Kakak ceritakan malam hari ini masih berasal dari negara yang sama dengan Cerita Dongeng Anak Sedunia yang kakak posting pagi tadi, yaitu sama-sama berasal  dari Rusia. Rusia yang kita kenal merupakan negara besar di dunia. Ternyata negara inipun sangat kaya dengan dongeng anak dan cerita rakyat. Kakak yakin kalian pasti suka dengan cerita rakyat dunia yang berasal dari Rusia ini. Selamat membaca.

Cerita Dongeng Anak Dunia Tentang Raja Yang Sangat Suka Mendengarkan Dongeng

Cerita Rakyat Rusia

Cerita Dongeng Anak Dunia dari Rusia -

Cerita Dongeng Anak Dunia Tentang Raja

Dahulu kala, hiduplah raja yang sangat suka dongeng. la selalu ingin mendengarkan dongeng baru setiap hari. Sampai akhirnya, pendongeng istana kehabisan bahan mendongeng

Raja pun membuat sayembara, "Aku akan memberikan putriku pada orang yang bisa menceritakan dongeng yang tidak pernah aku dengar sebelumnya." Banyak yang mengikuti sayembara, tapi tidak ada yang berhasil satu pun.

Di tempat lain, hiduplah anak muda yang miskin.

"Kau ikut sayembara saja? Putri pasti jatuh cinta padamu," kata tetangganya sambil tertawa menghina si miskin.

"Ya, ide yang bagus. Aku akan ikut sayembara. Paling tidak, aku akan dapat makanan," pikir si anak muda miskin sambil tersenyum.

Si anak muda miskin memutuskan pergi ke istana. "Ada apa anak muda?" tanya raja.

"Aku mau mendongeng, Tuanku. Tapi, sebelumnya, tolong beri aku makanan. Aku belum makan seharian," jawab si anak muda miskin.

Raja tertawa melihat si miskin yang mengenakan pakaian penuh tambalan. la tidak bisa membayang kan bagaimana jadinya jika si miskin jadi menantunya. Si anak muda miskin pun mulai makan. Setelah selesai, ia dipanggil lagi menghadap raja.

"Baiklah, mulailah mendongeng!" kata raja kepada si anak muda miskin.

Si anak muda miskin pun mendongengkan kehidupannya yang miskin. Raja terkaget-kaget. la tidak pernah mendengar dongeng tentang orang miskin sebelumnya. Biasanya ia mendengar dongeng tentang kekayaan, kemuliaan, raja-raja, pangeran, atau putri. Berarti, si anak muda miskin memenangkan sayembara. Tapi, raja tidak mau jika hams menikahkan si anak muda miskin dengan putrinya.

"Jangan gundah, Rajaku. Aku tidak menginginkan putrimu. Berikan saja aku pekerjaan agar aku tidak miskin lagi," kata si anak muda miskin yang tahu kegundahan hati raja.

Raja tersenyum senang oleh kebaikan hati si miskin. la pun mengangkatnya menjadi pendongeng istana. Sejak saat itu, si miskin hidup berkecukupan dan dihargai oleh tetangganya.

Pesan Moral Cerita Dongeng Anak Dunia dari Rusia adalah dari adalah jangansuka menganggap remeh orang yang terlihat lemah dan miskin. Kita tidak tahu kalau ternyata orang itu ternyata lebih pintar daripada kita. Tuhan sayang pada anak yang selalu menghargai sesamanya.

Dongeng Anak Sedunia : Legenda Gadis Katak

Dongeng Anak Dari Rusia

Cerita Dongeng Anak Dunia dari Rusia -

Cerita Dongeng Anak Dunia dari Rusia

Seorang pemuda termenung di pinggir sungai. Tiba-tiba seekor katak melompat ke hadapannya. Katak itu sebenarnya seorang gadis cantik yang terkena kutukan nenek sihir.

"Apa gerangan yang membuatmu murung?" kata si katak.

"Aku disuruh ibuku mencari calon istri yang bisa menenun. Tapi, tidak ada wanita yang mau denganku," kata si pemuda sedih.

"Jangan gundah. Kalau engkau mau menjadikan aku istri, aku akan menenun untukmu," kata katak.

"Bagaimana bisa? Engkau hanya seekor katak," kata si pemuda.

"Percayalah padaku," kata si katak.

Pemuda itu berpikir sesaat. "Baiklah, aku akan menjadikanmu istri," katanya.

la pun membawa pulang katak itu dan menceritakan pada ibunya bahwa akan menikahi katak itu. Ibunya tertawa terbahak-bahak mendengar ucapan anaknya. "Bagaimana bisa manusia menikah dengan katak. Lagipula, mana mungkin katak bisa menenun," kata ibunya.

"Biarkan aku menenun dalam kamarmu sendirian," bisik katak pada si pemuda.

Pemuda itu melakukan permintaan katak. Satu jam kemudian, ia masuk lagi ke kamarnya. Betapa kagetnya ia melihat baju hasil tenunan katak yang indah.

Singkat cerita, si pemuda pun menikahi si katak. Para tamu tertawa melihat ada manusia menikahi seekor katak. Namun, saat janji suami-istri diucapkan, tiba-tiba katak berubah menjadi gadis yang sangat cantik.

Ternyata, kutukan terhadap katak bisa hilang jika ia menikah dengan manusia. Sejak saat itu, mereka pun hidup bahagia selamanya.

Pesan moral dari Dongeng Anak Sedunia : Legenda Gadis Katak adalah jangan menganggao remeh sesuatu. Berbuat baiklah kepada seluruh makhluk hidup ciptaan Tuhan. Tuhan akan menolongmu jika hatiniu tulus dan mau bekerja keras.

Baca cerita rakyat dunia lainnya adalah Cerita Rakyat Dunia (Kumpulan Dongeng Dunia) dan Cerita Dongeng Anak Dunia : Legenda Putri Tikus

 

Share.

Leave A Reply