Memanfaatkan THR Sebagai Dana Produktif


, Setelah mengubah pola pikir dari Konsumtif menjadi Produktif dengan Mindset Investasi dan Pengeluaran Terencana, yang tidak kalah pentingya adalah menghapuskan Utang hingga level 0 alias tidak punya Utang lagi.

Dan dana THR, merupakan hal bijak ketika Anda mula melunasi secara bertahap utang-utang atau kewajiban Anda.
Dengan syarat tidak menambah utang baru, jikapun harus berutang, maksimal 30 persen dari pendapatan rutin Anda, maka setiap tahun, dengan dana THR yang ada akan melunasi utang-utang Anda.

Dana THR bisa juga untuk membiayai pengeluaran bulan ramadhan tahun berikutnya.  Poin pentingnya adalah segala sesuatu bersifat rutin, entah bulanan atau tahunan, harus direncanakan.  Dan bulan Ramadhan dan Syawal adalah sebuah kepastian, hingga pengaturan keuangannya pun harus dijadwalkan layaknya Anda membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).

Kebetulan tahun ini bulan Syawal bertepatan dengan liburan anak sekolah, maka biaya rekreasi pendidikan bisa juga di ambil dari dana THR.

Ada 3 pos yang lazim terjadi ketika lebaran tiba
1.    Pos busana
Jika suasana serba baru menghampiri Anda, otomatis Anda harus menyesuaikan dalam hal busana, aksesoris, perlengkapan ibadah dan lain-lain.

Poin dari pos busana adalah shalat Idul Fitri, jika Anda bisa menggunakan pakaian tahun lalu, kenapa tidak dikombinasikan dengan pakaian-pakaian lainnya.  Terkadang, pemilihan warna yang pas, bisa menampilkan suasana baju atau pakaian baru tanpa harus membeli yang baru.

2.    Pos makanan utama lokal
Ada baiknya untuk pos ini benar-benar menyesuaikan dengan kondisi Anda.  Jika Anda lebih banyak keluar rumah, maka pos ini bisa Anda hemat.  Tetapi jika Anda yang didatangi, maka mau tidak mau hidangan seperti ketupat dan rendang lebaran harus Anda persiapkan secara matang, jangan sampai berlebih dan terbuang dikarenakan tidak tahan lama.

3.    Pos  makanan ringan lokal
Khusus untuk kue-kue kering, sebaiknya yang bisa tahan untuk jangka panjang.  Dimana-mana makanan ringan ini sama seperti biskuit, kacang-kacangan dll. Sebenarnya, Anda bisa berhitung sendiri, berapa tamu kira-kira yang akan mendatangi Anda.

Terakhir sebagai penutup untuk tahun-tahun berikutnya, hindari sebuah Tragedy of Commons, akibat latah tetapi lakukan sebuah kebiasaan yang terencana dan menghasilkan.

Selamat mengalokasikan dana THR dan merencanakan Keuangan keluarga Anda!

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : [email protected]  SMS 0815 1999 4916.

Memanfaatkan THR Sebagai Dana Produktif -

twitter.com/h4r1soulputra
www.p3kcheckup.com
Share.

Leave A Reply